alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelaku UMKM di Bandung Didorong Kuasai Teknologi Informasi

Agung Bakti Sarasa
Pelaku UMKM di Bandung Didorong Kuasai Teknologi Informasi
Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan DKV UBSI Bandung saat pelatihan pemanfaatan website bagi UMKM. Foto/Istimewa

BANDUNG - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya di Kota Bandung didorong untuk menguasai teknologi informasi seiring perkembangan zaman yang kini serba digital.

Penguasaan teknologi informasi pun dinilai penting, agar para pelaku UMKM mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan usaha. Sebab, melalui penguasaan teknologi informasi, pelayanan terhadap konsumen pun akan lebih maksimal.

"Penguasaan teknologi informasi akan memberikan banyak keuntungan bagi pelaku usaha, salah satunya pelayanan maksimal bagi konsumen," ujar praktisi teknologi informasi yang juga dosen Fakultas Teknologi Informasi dan DKV Universitas BSI (UBSI) Bandung Rizal Rachman di Bandung, Senin (15/7/2019).



Di antara upaya penguasaan teknologi informasi, kata Rizal, para pelaku UMKM setidaknya mampu menguasai transaksi yang terkomputerisasi dan promosi menggunakan sistem informasi berbasis website.

Rizal melanjutkan, sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, pihaknya pun sempat menggelar pelatihan bertajuk "Pemanfaatan Media Website Guna Meningkatkan Elektabilitas dan Pelayanan di UMKM".

Pelatihan yang digelar di UMKM CV Mars Global Printing, Arcamanik, Kota Bandung, 24 April 2019 lalu itu bertujuan untuk mengenalkan UMKM tersebut kepada publik serta memberikan pelayanan berupa transaksi percetakan secara terkomputerisasi berbasis website.

"Kegiatan kami isi dengan pemaparan ilmiah, diskusi, dan tanya jawab, agar perusahaan menguasai pengetahuan terkait pengelolaan teknologi informasi," kata Rizal yang juga menjadi ketua kegiatan tersebut.

Rizal berharap, ke depan, para pelaku UMKM dengan berbagai bidang yang digelutinya mampu menguasai teknologi informasi. Terlebih, teknologi informasi mendatangkan banyak manfaat, baik bagi pihak pengusaha maupun konsumennya.

Terpisah, pemilik UMKM CV Mars Global Printing Ari mengaku, senang mendapatkan ilmu teknologi informasi yang telah diberikan. Pihaknya pun mengakui, teknologi informasi memudahkannya untuk melakukan promosi, termasuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumennya.

"Aplikasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami," katanya.



(abs)