Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

Senin, 15 Juli 2019 - 08:42 WIB
Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan
Taman Nasional Taroko di Taiwan kerap menjadi pilihan bagi wisatawan yang mengunjungi Taiwan bagian timur karena memiliki keunikan tersendiri selain keindahan alamnya. Taroko Village Hotel/SINDOnews/SM Said
A A A
HUALIEN - Taman Nasional Taroko di Taiwan kerap menjadi pilihan bagi wisatawan yang mengunjungi Taiwan bagian timur karena memiliki keunikan tersendiri selain keindahan alamnya. Nah jika anda menyambangi Taman Nasional Taroko, Taiwan ada pilihan tempat menginap di sebuah resort yang menawarkan serunya menginap ala berbintang lima di tengah-tengah suku asli yang mendiami wilayah tersebut. Resort dengan pemandangan alam pegunungan yang asri dengan flora dan fauna yang unik tersebut bernama Taroko Village Hotel.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

Awal Juli 2019 lalu, SINDOnews bersama rombongan Taiwan Familiaritazion Tour for Indonesian KOL & Media mendapatkan kesempatan menginap satu malam di Taroko Village Hotel di Fu Shih Village, Hsiulin, Hualien, Taiwan.

Anda akan merasakan suasana alam pegunungan yang asri nan hijau ketika berada di Taroko Village Hotel, karena resort tersebut berada di tengah tengah taman nasional. Bangunan resort terletak di bawah bukit dengan design ala Dinasti Tang karena terbuat dari kayu kayu pilihan. Ruangan kamar tidurnya pun diseting dengan nuansa ala Suku Taroko dengan berbagai hiasannya. Namun, pengunjung tetap mendapatkan fasilitas kamar bintang 5 dengan internet dan TV Kabel.

Taroko Village Hotel memiliki 30 kamar, setiap kamar dilengkapi dengan minimal dua tempat tidur single, tergantung tipe ruangan dan tiap ruangan dapat menampung 1-4 orang; tempat tidur tambahan akan diperlukan jika jumlah tamu lebih dari 2 orang.

Para pengunjung akan disuguhi pertunjukan hidangan yang dilakukan oleh prajurit Taroko, sebelum makan malam (dinner) dimulai. Saat akan dinner, lampu di restoran akan dipadamkan. Berbekal obor 'para prajurit Taroko' akan memulai pertunjukan pesta selamat datang Taroko dengan membawa hasil buruan untuk dipersembahkan kepada para tamu.

Tak hanya itu selesai dinner, para tamu hotel akan disuguhkan atraksi dan pertunjukan Tarian Taroko, instrumen alat musik asli Taroko, dan nyanyian yang unik. Bahkan sejumlah atraksi tersebut dilakukan dengan melibatkan pengunjung.

Saat dinner di Taroko Village Hotel, pengunjung dapat menikmati hidangan ala Suku Taroko yang mengabungkan bahan-bahan asli suku Aborigin dan Hualien. Bagi warga muslim, tak perlu khawatir untuk menyantap di restoran Taroko Village Hotel ini. Pasalnya, tempat ini telah mengadopsi makanan halal sejak tiga tahun terakhir.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

Tetua adat Suku Taroko Zheng Ming Gang mengaku tetap menghormati perbedaan budaya dan membangun persahabatan dengan semua orang. Karenanya sejak tiga tahun terakhir resort tersebut mulai mengadopsi kepentingan umat muslim, baik dari segi makanan maupun ibadah. "Untuk warga muslim ada menu masakan halal. Kita juga menyediakan tempat salat,” ujarnya.

Zheng Ming Gang menegaskan pengelolaan Taroko Village Hotel diberikan Pemerintah Taiwan kepada suku asli Taroko sejak 2014 dengan tujuan untuk konservasi, perlindungan lingkungan, orisinalitas, seni dan budaya.

Karenanya, kata dia, untuk menjaga keaslian taman nasional, pihaknya tidak membangun kolam renang di atas Taroko Vilage Hotel ini.

"Kita mendapat konsesi pengelolaan bangunan di atas lahan seluas 3,5 hektare dari Pemerintah Taiwan. Ini merupakan komitmen pemerintah untuk membantu suku asli dalam perlindungan konservasi alam dan pelestarian seni budaya suku aborigin, " terangnya.

Selain Taroko Village Hotel di Hualien, terdapat satu resort yang begitu terkenal yaitu Promised Land Resort and Lagoon yang terletak di Lisiang Road, Shoufong Town, 974, Hualien,Taiwan. Resort bergaya Spanyol ini terkenal di Hualien, Taiwan karena keindahan dan desain mebelnya yang unik. Terlebih lagi resort ini juga mengakomodasi umat muslim dengan menu halalnya serta telah menyediakan sajadah dan Alquran di dalam kamar.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

Lokasi resort ini dikelilingi Pegunungan Gunung Tengah dan Pesisir, serta Taman Nasional Taroko di utara dan arung jeram di selatan. Lokasinya sangat strategis di antara area wisata utama sehingga pemandangan alam lembah terlihat indah mengelilingi resort.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

"Di resort ini terdapat laguna buatan sepanjang 2,2 kilometer yang berliku melalui 22 bangunan dan 16 jembatan berdesain unik yang menghubungkan lorong-lorong. Tempat ini juga dilengkapi dengan tiga fasilitas kolam renang dan mebel rosewood yang antik bergaya Spanyol," kata Direktur Pengembangan Bisnis Luar Negeri Promised Land Resort and Lagoon Gladys Chan.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

Usai menginap di Taroko Village Hotel atau Promised Land Resort and Lagoon pengunjung dapat menjelajahi Taman Nasional Taroko baik dengan berjalan kaki maupun menaiki kendaraan.

Sejumlah spot foto yang bisa dikunjungi di Taman Nasional Taroko diantaranya Kuil Musim Semi Abadi (Eternal Spring Shrine). Tempat ini bisa dicapai usai berkendara lewat pintu keluar barat Terowongan Changchun dari Jalan Raya Lintas Pulau Tengah. Lalu belok ke selatan (kiri) dan menyusuri Jalan Raya Lintas Pulau Besar hingga sampai ke tempat parkir kendaraan di sebelah Sungai Liwu.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

Usai menikmati pemandangan Kuil Musim Semi Abadi, pengunjung dapat berjalan kaki menyusuri jalan beraspal dengan pemandangan jurang yang curam dan tebing marmer. diantaranya Terowongan Kelok Sembilan (Chiouchüe Tung), sarang burung walet dan Jembatan Lioufang. Namun ketiga tempat tersebut harus ditempuh dengan berjalan kaki dengan menggunakan helm ketika memasuki kawasan itu.

Taman Nasional Taroko yang merupakan salah satu dari sembilan taman nasional di Taiwan yang terbentang dari Kabupaten Taichung, Nantou, dan Hualien. Namun lebih mudah diakses lewat Hualien karena hanya 30 menit berkendara dari pusat kota walaupun ditempuh dengan jalan yang berkelok dan menanjak.

Di Taman Nasional Taroko pengunjung bakal disuguhi pemandangan alam ngarai yang terukir dari marmer dan juga batu giok yang terbentuk jutaan tahun lalu.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan

Bagi penikmat kopi di Kota Hualien juga dapat mengunjungi kafe Starbucks yang sangat terkenal di Ji'an Township, Hualien County karena menampilkan arsitektur kontainer dan layanan drive-thru pertama. Kafe ini menampilkan fitur asli dari kontainer dengan hanya sebagian dinding yang dihiasi dengan panel kayu dan warna-warna cerah yang khas Suku Amis, salah satu suku asli di Taiwan.

Selain Starbucks, di Kota Hualien juga dapat mengunjungi Kafe Mr Sam di 974, Taiwan, Hualien County, Shoufeng Township. di Kafe ini kita mendapatkan beberapa spot unik untuk berfoto.
 Serunya Menginap di Taman Nasional Taroko Bersama Suku Asli Taiwan
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8335 seconds (0.1#10.140)