alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mau Bikin Terong Goreng Bawang Cabai yang Lezat? Ini Resepnya

Diana Rafikasari
Mau Bikin Terong Goreng Bawang Cabai yang Lezat? Ini Resepnya
Terong goreng bawang cabai. Istimewa/YouTube

JAKARTA - Selain dibuat sayur lodeh atau balado, terong juga nikmat diolah mejadi hidangan lainnya. Terong goreng bawang cabai misalnya. Makanan ini menawarkan rasa gurih dari bawang dan pedas dari cabai yang nikmat disantap bersama nasi putih hangat.

Berikut resep membuat terong goreng bawang cabai untuk teman bersantap seperti dikutip dari akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan 1:
2 buah terong, belah 4 bagian, potong 2 cm lalu rendam dalam air garam dari 500 ml air yang diberi 2 sdt garam dan diaduk rata
600 ml minyak goreng



Bahan 2:
1 butir telur
½ sdt kunyit bubuk
½ sdt ketumbar bubuk
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
3 sdm air

Bahan 3:
3 sdm tepung maizena
2 sdm tepung beras

Bahan 4:
3 sdm minyak goreng
6 siung bawang putih, cincang
10 buah cabai rawit merah, rajang
1 sdm kecap ikan
½ sdt kecap manis
1 sdm air
½ sdt garam

Cara membuat:
1. Masukkan potongan terong ke dalam mangkok yang berisi air garam supaya tidak berubah warna kehitaman atau oksidasi. Campur dan kocok telur dengan semua bahan 2, aduk hingga rata lalu sisihkan. Campur tepung maizena dan tepung beras lalu aduk hingga rata. Tiriskan terong dari air garam, kemudian lumuri dengan campuran telur.

2. Angkat terong dan lumuri dengan campuran tepung. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng terong hingga kekuningan, angkat terong, tiriskan dan sisihkan. Campur jadi satu sisa campuran tepung dan campuran telur, kemudian goreng hingga kekuningan, angkat, tiriskan dan sisihkan. Tumis bawang putih hingga mulai kekuningan.

3. Masukkan cabai rawit merah, lalu tumis hingga rata. Campur kecap ikan dan kecap manis ke dalam satu wadah, aduk rata. Kecilkan api, masukkan campuran kecap manis dan kecap asin, air dan garam, masak hingga air berkurang. Masukkan remah telur dan terong, aduk cepat hingga rata. Angkat. Terong goreng bawang cabai siap dihidangkan.



(zik)