alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ridwan Kamil Resmikan Bank Sampah di Pangandaran

Syamsul Ma'arif
Ridwan Kamil Resmikan Bank Sampah di Pangandaran
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Bank Sampah di Kabupaten Pangandaran. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif

PANGANDARA - Banyaknya sampah dari sisa aktivitas masyarakat bakal berdampak pada lingkungan hidup. Untuk menanggulanginya, Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbangkim) Kementerian PUPR mendirikan Bank Sampah di Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Bank Sampah tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Sabtu (13/7/2019). Bank Sampah ini bakal menjadi aset Pemerintah Kabupaten Pangandaran, pengelolaannya bekerja sama dengan BUMN.

Dalam sambutannya Ridwan Kamil mengatakan, keberadaan sampah di Indonesia berbanding lurus dengan jumlah penduduk. "Berdasarkan hasil penelitian, negara Indonesia menduduki peringkat kedua penyumbang sampah plastik ke laut," kata dia.



Ridwan Kamil mengimbau dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan agar kelestarian alam dan lingkungan hidup tetap terjaga. "Kita harus jaga dan lindungi alam agar bersih, indah, dan nyaman dengan cara tidak membuang sampah sembarangan," ujarnya.



(zik)