Emil Buka Festival Layang-Layang Internasional 2019 di Pangandaran

Sabtu, 13 Juli 2019 - 17:15 WIB
Emil Buka Festival Layang-Layang Internasional 2019 di Pangandaran
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi sang istri Atalia Praratya ikut larut dalam Pangandaran Kite Festival 2019 di Pantai Timur Pangandaran, Sabtu (13/7/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi membuka Festival Layang-layang Internasional di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (13/7/2019). Festival tersebut diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Pangandaran sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Jabar.

Festival layang-layang bertajuk Pangandaran International Kite Festival 2019 itu diikuti peserta dari dalam negeri dan mancanegara.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengaku optimistis festival tersebut dapat mendongkrak citra positif Pangandaran sebagai destinasi wisata.

"Tentunya kita bangga, ini menjadi festival yang ditunggu-tunggu oleh internasional, seperti negara Eropa dan Asia," kata Emil seusai membuka kegiatan tersebut.

Tidak hanya itu, Emil pun yakin, melalui festival tersebut, kunjungan wisatawan ke Pangandaran tahun ini yang ditargetkan 5 juta wisatawan terealisasi.

Selain menikmati keindahan panorama Pantai Pangandaran, kata Emil, wisatawan pun disuguhi pemandangan berbagai macam layang-layang yang menghiasi langit Pangandaran. "Melihat ini, saya yakin target 5 juta wisatawan akan tercapai dengan dukungan dari kami," katanya.

Tidak hanya menggelar festival layang-layang, lanjut Emil, dukungan Pemprov Jabar lainnya yakni menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Bandara Nusawiru sebagai pintu masuk utama wisatawan lokal maupun mancanegara. "Bandara Nusawiru sedang kita kerja samakan, sehingga arus wisatawan ASEAN dari Bintan bisa langsung ke Pangandaran," jelasnya.

Bahkan, sambung Emil, Pemprov Jabar pun sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp80 miliar untuk penataan pesisir Pantai Barat dan Timur Pangandaran tahun ini.

Terlebih, kata Emil, pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran kepada pemerintah pusat sudah menemui titik terang. "Dukungan dari pemprov lahir batin Rp80 miliar, tahun ini sudah kami siapkan untuk penataan Pantai Timur dan Barat. KEK juga sudah didaftarkan dan sudah masuk babak final untuk disetujui," katanya.

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, Pangandaran Internasional Kite Festival 2019 lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Festival ini, kata Jeje, bertujuan mendongkrak semangat pembangunan di Pangandaran.

"Festival layang-layang ini adalah bagian dari tradisi kami setiap bulan Juli dalam mewujudkan Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia. Tahun ini lebih besar dan meriah, kami lebih semangat lagi membangun Pangandaran," tandas Jeje.

Pangandaran Internasional Kite Festival 2019 digelar hingga Minggu 14 Juli 2019 besok. Selain festival layang-layang, digelar pula pertunjukan lainnya, seperti Kite Exhibition, Kite Competition, dan Night Flight Kite Festival.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9931 seconds (0.1#10.140)