Pemprov Jabar-Blibli.com Gelar Kompetisi UMKM The Big Start

Jum'at, 12 Juli 2019 - 21:15 WIB
Pemprov Jabar-Blibli.com Gelar Kompetisi UMKM The Big Start
Pemprov Jabar menggandeng Blibli.com menggelar kompetisi bagi para pelaku UMKM di Jabar bertajuk The Big Start. Foto/SINDOnews/agung bakti sarasa
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menggandeng e-commerce ternama Blibli.com menggelar kompetisi bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jabar bertajuk The Big Start.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa mengatakan, ajang kompetisi yang digelar untuk keempat kalinya ini menjadi bentuk kolaborasi Pemprov Jabar dengan pihak swasta dalam mendorong pengembangan UMKM di Jabar.

"Khususnya di sektor pemasaran yang hingga kini masih menjadi kendala utama para pelaku UMKM di Jabar," ujar Iwa saat membuka The Big Start di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (12/7/2019).

Iwa melanjutkan, Pemprov Jabar telah mengambil langkah-langkah strategis guna membantu pengembangan UMKM, di antaranya sertifikasi produk, pengemasan produk, hingga ketersediaan bahan baku.

Namun, Iwa mengakui, pihaknya memiliki keterbatasan dalam membantu bidang pemasaran. Oleh karena itu, Pemprov Jabar mendukung penuh gelaran The Big Start sebagai mitra pemasaran produk UMKM Jabar.

"Kami sudah mendorong dari sisi sertifikasi halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) dengan sebagian pembiayaan dari APBD Provinsi Jawa Barat. Dari sisi kemasan dan proses produksi, kami juga sudah tugaskan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, tetapi itu tidak cukup. Pemprov Jabar punya keterbatasan membantu di bidang pemasaran," papar Iwa.

Iwa berpandangan, peranan e-commerce dalam mendorong pengembangan UMKM sangat besar. Terlebih, pengguna internet di Jabar tercatat mencapai 98 persen dan e-commerce menyumbang perkembangan ekonomi dan UMKM hingga 33 persen. Iwa pun optimistis, pertumbuhannya akan menembus 50 persen.

"Makanya kami akan dorong terus pengetahuan, praktik, dan lain sebagainya, dan apabila ada hal-hal yang perlu difasilitasi pemprov, itu kita siap membantu fasilitasi," katanya.

Sementara itu, Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian mengemukakan, Kota Bandung dipilih sebagai lokasi pertama roadshow The Big Start season 4 karena animo masyarakatnya yang tinggi kepada industri kreatif dan UMKM. Selain itu, dukungan penuh dari Pemprov Jabar juga menjadi alasan lain.

"Awal dari roadshow-nya The Big Start itu justru ke Bandung karena memang di sini bisa dibilang wadahnya UMKM. Banyak sekali UMKM yang ada di sini dan pihak pemerintah Jawa Barat-nya juga sangat mendukung kami untuk masuk hingga jadi seperti ini," jelas Andy.

Menurut Andy, salah satu syarat UMKM bisa mengikuti The Big Start, yakni UMKM tersebut sudah berjalan minimal selama dua tahun. Syarat tersebut bertujuan untuk menilai seberapa besar komitmen dan konsistesi UMKM bertahan di dunia industri kreatif.

Selain itu, UMKM juga tidak diperkenankan menjadi reseller (menjual produk yang diproduksi pihak lain), melainkan harus memproduksi barang sendiri. Dalam ajang kompetisi ini, Bilibli.com akan mengurasi komitmen bisnis UMKM, termasuk dalam menjaga orisinalitas produk yang akan dipasarkan.

Untuk diketahui, The Big Start merupakan ajang kompetisi wirausaha bagi creativepreneur yang diprakarsai oleh Blibli.com sejak 2016 lalu. Di tahun keempatnya, The Big Start mengangkat tema "Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu".

The Big Start season 4 ini menawarkan hadiah total senilai Rp1,3 miliar yang bertujuan mengasah kemampuan bisnis anak muda agar sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu juga mereka berkesempatan mengikuti ajang pameran di luar negeri dan berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek spesial.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8920 seconds (0.1#10.140)