17 Pengcab Dukung Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho Pimpin Perbakin Jabar

Kamis, 11 Juli 2019 - 11:01 WIB
17 Pengcab Dukung Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho Pimpin Perbakin Jabar
7 Pengcab Perbakin menggelar deklarasi dukungan kepada Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho untuk menjadi Ketua Umum Pengprov Perbakin Jabar. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Sebanyak 17 Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) di Provinsi Jawa Barat menggelar deklarasi dukungan kepada Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho untuk menjadi Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Jabar.

Ke-17 Pengcab Perbakin itu pun mendesak percepatan pemilihan ketua umum mengingat masa bakti ketua umum dan kepengurusan periode 2014-2018 telah berakhir, bahkan meninggalkan kekosongan pimpinan selama 10 bulan.

Pengcab Perbakin Cirebon sekaligus perwakilan dari 17 Pengcab Perbakin Kristiadji mengatakan, deklarasi digelar sebagai bentuk permintaan kepada Pengurus Besar (PB) Perbakin di Jakarta untuk mempercepat Musyawarah Provinsi (Musprov) Perbakin Jabar yang di dalamnya terdapat agenda Pemilihan Ketua Umum Pengprov Perbakin Jabar dan jajaran pengurusnya.

"Kami dari 17 Pengcab sepakat untuk mempercepat pemilihan karena kekosongan ketua ini membuat berbagai program terbengkalai," tegas Kristiadji seusai Deklarasi Dukungan di Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (10/7/2019) malam.

Tidak hanya itu, lanjut Kristiadji, legalitas organisasi juga menjadi terkendala karena berbagai berkas harus ditandatangani ketua definitif, misalnya surat perpanjangan izin angkut senjata. Belum lagi berbagai agenda lomba yang juga sama-sama terkendala. "Karena berkaitan dengan legalitas kurang kuat secara hukum, maka harus dipercepat," katanya.

Pihaknya menginginkan, agenda Pemilihan Ketua Umum Pengprov Perbakin Jabar digelar paling lama empat bulan ke depan mengingat kekosongan jabatan ketua umum sudah berlangsung hampir satu tahun.

"Kami ingin Perbakin Jabar ini kembali normal menjalankan programnya ke depan dengan ketua dan kepengurusan baru karena lomba-lomba juga terbengkalai akibat kekosongan jabatan ketua umum," ujarnya.

Meski begitu, Kristiadji enggan membeberkan alasan mengapa agenda Pemilihan Ketua Umum Pengprov Perbakin Jabar ditunda cukup lama. Masa jabatan pengurus sebelumnya berakhir sejak 2018 lalu.

Terkait sosok Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang kini aktif di Lembaga Pendidikan Polri yang diajukan sebagai kandidat calon Ketua Umum Pengprov Perbakin Jabar, Kristiadji menjelaskan bahwa Irjen Pol Rudy sebagai sosok berpengalaman di dunia berburu dan tembak reaksi. Menurut dia, demi kemajuan prestasi, Perbakin Jabar membutuhkan sosok yang mengerti dan berpengalaman di bidang menembak.

"Kami memiliki target menciptakan atlet tembak tingkat nasional dan internasional. Terlebih, sekarang akan menghadapi PON (Pekan Olahraga Nasional) 2020 mendatang," katanya.

Kristiadji menjamin, calon Ketua Umum Pengprov Perbakin Jabar yang didukung pihaknya mampu memberikan prestasi terbaik untuk Jabar, bukan hanya terkait persoalan adminstrasi senjata yang dipegang masyarakat sipil lebih terawasi. "Semua ini demi kemajuan Perbakin Jawa Barat, agar tidak terkatung-katung tanpa posisi pimpinan," katanya.

17 Pengcab Perbakin yang sudah memberikan dukungannya tersebut yakni Pengcab Perbakin Kota Bandung, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Subang, Karawang, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Purwakarta, Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, Bekasi, dan Cianjur. "Total pemilik suara untuk pemilihan ketua umum sendiri sebanyak 24 pengurus cabang," sebutnya.

Sementara itu, Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho yang turut hadir dalam deklarasi dukungan tersebut mengaku diusung untuk memimpin Pengprov Perbakin Jabar periode 2018-2022 demi kemajuan olahraga tembak di Provinsi Jabar. "Jika saya dipercaya oleh seluruh anggota, saya siap menjalankan roda kepengurusan Perbakin Jawa Barat," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8681 seconds (0.1#10.140)