HUT ke-73 Bhayangkara, Gubernur Jabar Berharap Polri Semakin Promoter

Rabu, 10 Juli 2019 - 22:38 WIB
HUT ke-73 Bhayangkara, Gubernur Jabar Berharap Polri Semakin Promoter
Kiri-kanan, Kejati Jabar Raja Nafrizal, Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari saat upacara puncak HUT ke-73 Bhayangkara. Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, di usia 73 tahun, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) semakin profesional, modern, dan terpercaya (promoter).

Harapan tersebut disampaikan Ridwan Kamil saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019).

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, institusi Polri harus terus meningkatkan nilai profesionalitas, modern, dan terpercaya.

"Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, kami sangat berbahagia, menghaturkan selamat hari jadi untuk Kepolisian Negara Republik Indonesia," tutur Emil.

"Tentu, kita berharap selalu punya tiga nilai. Satu profesional, dua terus modern dalam peningkatan kualitas, dan terakhir ketiga adalah terpercaya," ujar Emil.

Emil pun menilai, institusi Polri, khususnya Kepolisian Daerah (Polda) Jabar telah berhasil menjaga keamanan di Jabar. Oleh karenanya, Emil bangga karena selama ini pun, tidak ada hal serius yang mengganggu kondusivitas di Jabar.

Dalam kesempatan itu, Emil pun membacakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Emil menuturkan, pemerintah melalui Presiden Jokowi juga mengapresiasi capaian kinerja positif Polri.

Menurut Presiden, situasi keamanan dalam negeri sepanjang 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI juga telah berhasil mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, seperti Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali.

Polri dan TNI juga mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Polri pun sukses menjaga keamanan seluruh agenda masyarakat, seperti perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan, arus mudik dan balik serta Idul Fitri 2019.

Bahkan, apresiasi juga diberikan Presiden kepada Polri yang telah berhasil mengungkap berbagai tindak kejahatan, mulai dari konvensional yang meresahkan masyarakat, lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, kejahatan siber, dan lain-lain.

Termasuk berhasil menindak kejahatan tindak pidana korupsi karena sepanjang 2018, Polri berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp2,3 triliun.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6598 seconds (0.1#10.140)