PT MSJ Investigasi Ambruknya Cor Tiang Penyangga Tol BORR Seksi 3A

Rabu, 10 Juli 2019 - 20:39 WIB
PT MSJ Investigasi Ambruknya Cor Tiang Penyangga Tol BORR Seksi 3A
Cor tiang penyangga Tol BORR Seksi IIIA di Jalan Soleh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, ambruk, Rabu (10/7/2019) pagi. Foto: SINDONEWS/Haryudi
A A A
BANDUNG - PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku pemilik proyek Tol Bogor Ring Road (BORR) memastikan, akan melakukan investigasi menyeluruh terkait peristiwa ambruknya cor beton tiang penyangga Tol BORR Seksi 3A (Simpang Yasmin-Simpang Salabenda).

Direktur Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmojo menyatakan, selama ini, pihaknya selalu mengawasi setiap tahapan pengecoran, termasuk checklist kelendutannya.

Oleh karenanya, pihaknya akan melakukan investigasi menyeluruh dengan melibatkan kontraktor pelaksana dan konsultan supervisi agar kejadian serupa tidak terulang.

"Kami akan lakukan evaluasi lapangan bersama kontraktor dan konsultan terhadap metode pelaksanaannya," ujar Hendro melalui keterangan resminya, Rabu (9/7/2019).

Pihaknya juga mengaku telah menghentikan sementara proyek untuk memudahkan proses penyelidikan terkait penyebab pasti peristiwa tersebut.

"Kami sudah perintahkan untuk menghentikan seluruh kegiatan proyek hari ini sampai nanti ada clearance dari Komite Keselamatan Konstruksi untuk keberlanjutannya," katanya.

Meski begitu, Hendro menyebut, peristiwa tersebut diduga terjadi akibat jatuhnya balok penyangga atau cetakan kepala penyangga yang terjadi pada saat pengecoran truk mixer ke-22 dari total 25 truk mixer yang direncanakan.

Pascakejadian tersebut, lanjut Hendro, pelaksana lapangan langsung melakukan pembersihan di lokasi peristiwa terjadi, agar lalu lintas di sekitar lokasi kejadian kembali normal.

"Kejadian ini berdampak pada kemacetan mengingat material menutupi badan jalan. Kondisi Jalan Sholeh Iskandar ditutup pada kedua arahnya, sementara untuk pergerakan lalu lintas diarahkan melalui Jalan Atang Sanjaya," akunya.

Hendro menambahkan, berdasarkan keterangan pelaksana lapangan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa runtuhnya bekisting (formwork) pierhead P109 di jalur A (Yasmin menuju Parung) itu.

"Peristiwa itu terjadi Rabu 10 Juli 2019 pukul 05.15 WIB, tidak ada korban jiwa," tandasnya.

Untuk diketahui, sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), PT MSJ mendapat suntikan modal dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat, PT Jasa Sarana untuk membangun Tol BORR. Langkah tersebut dilakukan untuk pengembangan bisnis di bidang infrastruktur, khususnya jalan tol.

Selain Tol BORR, PT Jasa Sarana juga melakukan penyertaan modal kepada PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk membangun Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), dan PT Citra Marha Lintas Jabar (CMlJ) saat membangun Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja).
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0790 seconds (0.1#10.140)