alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ribuan Bobotoh Nobar Persija vs Persib di Lapangan Gasibu

Agus Warsudi
Ribuan Bobotoh Nobar Persija vs Persib di Lapangan Gasibu
Ribuan Bobotoh atau suporter fanatik Persib Bandung memenuhi Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019). Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Ribuan Bobotoh atau suporter fanatik Persib Bandung memenuhi Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019). Mereka nonton bareng (nobar) big match Liga 1 2019 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Acara nobar tersebut digelar oleh Polrestabes Bandung untuk memfasilitasi para Bobotoh yang tidak bisa hadir di GBK, Jakarta. Selain menyediakan layar lebar berukuran besar, para Bobotoh dari tiga organisasi Viking Persib Club (PVC), Bomber, dan The Bomb itu juga dijamu dengan makanan ringan, kopi, mi instan.

Bahkan, bagi yang beruntung mendapatkan doorprize dengan beragam hadiah menarik.  Para Bobotoh pun dihibur live music yang dibawakan oleh musisi lokal. Hiburan disuguhkan saat turun minum seusai laga babak pertama. Antusiasme para Bobotoh untuk hadir di acara nobar itu terlihat sejak pukul 14.00 WIB, mereka sudah mulai berdatangan. Padahal laga Persib versus Persija berlangsung pukul 15.30 WIB.



Acara nobar gratis dan berhadiah itu seperti menjadi pelipur lara bagi Bobotoh, menyusul larangan datang ke SUGBK oleh pihak kepolisian. Semula nobar laga Persib melawan Persija akan digelar di Halaman Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung. Namun, karena estimasi massa Bobotoh yang bakal hadir sangat banyak dan tak mungkin tertampung di mapolrestabes, maka acara nobar dipindahkan ke Lapangan Gasibu.

"Kebetulan tadi pagi digelar upacara HUT Bhayangkara dan pada sore harinya ada pertandingan Persib melawan Persija. Maka, kami memfasilitasi para Bobotoh dengan menggelar acara nobar di Lapangan Gasibu. Apalagi karena situasi dan kondisi Bobotoh tidak boleh datang ke Jakarta untuk nonton langsung," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema.

Irman mengemukan, animo Bobotoh menyaksikan pertandingan Persib melawan Persija sangat tinggi. Terlihat dari jumlah Bobotoh yang hadir ribuan orang. "Selain memfasilitasi Bobotoh menyaksikan pertandingan Persib melawan Persija, acara ini juga upaya mendekatkan kepolisian dengan masyarakat, terutama Bobotoh," ujar Irman.
 
Diki, salah seorang Bobotoh mengungkapkan, sangat senang Polrestabes Bandung mau memfasilitasi nobar gratis dengan fasilitas sangat memadai. "Senang sekali ada nobar Persib di sini.  Mestinya acara seperti ini sering digelar terutama saat Persib menjalani pertandingan melawan Persija biar Bobotoh semuanya nggak ke stadion yang sangat berisiko terhadap keselamatan," kata Diki.



(zik)