alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

HUT ke-73 Bhayangkara, Momentum Perkokoh Solidas-Sinergitas TNI-Polri

Agus Warsudi
HUT ke-73 Bhayangkara, Momentum Perkokoh Solidas-Sinergitas TNI-Polri
Polda Jabar menggelar upacara HUT ke-73 Bhayangkara di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Polda Jawa Barat menggelar upacara HUT ke-73 Bahayangkara di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019).

Upacara HUT Bhayangkara dengan tema, "Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara" berlangsung sederhana namun khidmat. Upacara itu lebih mengusung semangat soliditas dan sinergitas TNI-Polri dalam menjaga persatuan, kesatuan, dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Selain Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, upacara tersebut juga dihadiri Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kajati Jabar Raja Nafrizal, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari.



Upacara diawali dengan pemeriksaan pasuka oleh Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, dan Pangdam III/Siliwangi. Kemudian, sambutan dari Gubernur yang membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo. Setelah itu, Kapolda Jabar membacakan sambutan dari Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian.

Kemudian, puluhan anggota Brimob Polda Jabar Polda Jabar menggelar atraksi mendirikan enam 12 tenda peleton di tengah lapangan. Setelah berdiri, tenda-tenda tersebut digunakan oleh prajurit TNI dan Polri untuk makan bersama sebagai simbol soliditas dan sinergitas TNI-Polri.

Sebelum makan bersama dimulai, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi memotong tumpeng perayaan HUT ke-73 Bhayangkara. Potongan tumpeng diberikan kepada Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Ketua DPRD Jabar Ine Purwadewi Sundari.

"Di hari ini ultah ke-73 Polri ini, kita lihat semua, sinergitas TNI-Polri dan pemda (pemerintah daerah). Di sini kami membuktikan, kami ingin membangun Jabar yang juara," kata Rudy seusai upacara.

"Tadi Pak Gubernur jadi inspektur upacara membacakan amanat Presiden. Saya mengucapkan semangatnya Bapak Kapolri. Itu sudah luar biasa. Semoga dengan sinergitas yang kuar biasa ini, seperti harapan masyarakat, Jabar yang juara," ujar Rudy.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, sangat mengapresiasi kinerja Polri. Penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) secara umum, baik.

"Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri dan TNI naik. Ini pencapaain luar biasa di kepemimpinan Pak Tito. Dari Jabar terbaca tidak ada riak-riak dalam kondusivitas. Saya ucapkan selamat. Semoga Polri semakin jaya," kata Emil, sapaan akrab Gubernur.



(awd)