alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Cegah Bobotoh ke GBK, Polda Jabar Bakal Lakukan Penyekatan

Agus Warsudi
Cegah Bobotoh ke GBK, Polda Jabar Bakal Lakukan Penyekatan
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Foto/Dok SINDOnews

BANDUNG - Cegah Bobotoh ke GBK, Polda Jabar Bakal Lakukan Penyekatan

Guna mencegah Bobotoh atau pendukung fanatik Persib Bandung nekat datang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK) menyaksikan laga Persija vs Persib sore ini, Polda Jabar akan melakukan penyekatan terutama di terminal, stasiun, dan perbatasan.

Penyekatan terhadap Bobotoh akan dilakukan sebab menonton langsung pertandingan Maung Bandung melawan Macan Kemayoran sangat berisiko terhadap keselamatan. Apalagi, berdasarkan hasil rapat antara Polda Metro Jaya dan PSSI diputuskan melarang Bobotoh untuk menontong laga tim kesayangan warga Jabar itu.



Selain itu, rivalitas kelompok suporter kedua kesebelasan itu cukup tinggi. Sejumlah korban tewas telah berjatuhan selama kedua kesebelasan berlaga. Korban terakhir adalah Haringga Sirla, anggota The Jakmania, suporter Persija yang tewas dikeroyok oknum Bobotoh di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Oktober 2018 silam. Untuk mengantisipasi peristiwa terjadi, kepolisian melarang Bobotoh untuk menonton pertandingan Persija vs Persib.

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, telah menginstruksikan polres-polres yang berada di wilayah hukum Polda Jabar untuk mengimbau para pendukung Persib Bandung tidak berangkat ke Jakarta.

"Kalau bisa jangan berangkatlah. Karena jika ke sana pun akan menimbulkan situasi kamtibmas yang berbeda nanti. Kami akan melakukan penyekatan di beberapa titik jika dirasa perlu," kata Rudy seusai upacara HUT ke-73 Bhayangkara di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019).

Jenderal bintang dua itu mengemukakan, selain imbauan dan penyekatan agar Bobotoh tak ke SU GBK, seluruh polres jajaran juga diperintahkan menggelar acara nonton bareng (nobar) pertandingan Persija vs Persib.

Di Kota Bandung, ujar Kapolda, Polrestabes Bandung dan Polsek Andir mengadakan nonton bersama di dua tempat. "Sore ini digelar nonton bareng di Lapangan Gasibu dan Ciroyom," ujarnya.



(zik)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif