DPRD Jabar Dukung Proyek LRT Bandung Raya

Rabu, 10 Juli 2019 - 07:50 WIB
DPRD Jabar Dukung Proyek LRT Bandung Raya
LRT Bandung Raya. Tangkapan layar @ridwankamil
A A A
BANDUNG - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanandy mendorong Pemprov Jabar segera merealisasikan LRT Bandung Raya. Pihaknya berharap, kehadiran LRT Bandung Raya menjadi solusi mengatasi kemacetan lalu lintas yang mengarah ke pusat Kota Bandung maupun sebaliknya.

"Mudah-mudahan segera terwujud, kita ingin LRT jadi solusi," ujar Daddy melalui telepon selulernya, Selasa (9/7/2019) malam.

Dedi juga berharap, LRT Bandung Raya terwujud sebelum Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi. Dia tak menghendaki para penumpang kereta cepat itu kesulitan mengakses pusat kota gara-gara kemacetan yang kerap terjadi.

"Jangan sampai Jakarta-Bandung hanya satu jam, tapi menuju pusat kotanya sampai dua jam. Karenanya, LRT ini harus selesai sebelum atau berbarengan dengan kereta cepat," jelasnya.

Selain itu, sambung Dedi, jika sudah terwujud, pihaknya berharap tarif yang dikenakan terjangkau. Sehingga, masyarakat di kawasan Bandung Raya tidak mengandalkan mobil pribadinya untuk menuju pusat kota.

"LRT ini juga menjadi pembahasan kami di DPRD. Bahkan, ada masukan agar LRT ini diperluas jangkauannya, jangan hanya rute pusat Kota Bandung saja," imbuhnya.

Disinggung dukungan DPRD Jabar, Daddy menyatakan, pihaknya siap menyusun payung hukum proyek LRT Bandung Raya, termasuk di dalamnya menyusun rancangan tata ruang wilayah (RTRW) Bandung Raya yang diakuinya belum secara detail membahas rute LRT.

"Kita juga bantu dalam kebijakan anggaran. Jadi, apa yang menjadi prioritas, bakal kita bantu maksimal demi terwujudnya LRT ini," katanya.

Meski begitu, Daddy berpesan agar Pemprov Jabar memperhatikan masyarakat yang lahannya terkena pembebasan lahan proyek LRT dengan cara memberikan ganti untung, bukan ganti rugi.

"Masyarakat harus mendukung proyek ini, tapi pemerintah pun harus memperhatikan mereka. Mereka jangan dikasih ganti rugi, tapi ganti untung," tandasnya. (Baca Juga: LRT Bandung Raya Masuk Tahap Penetapan Rute dan Persiapan Konstruksi(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2678 seconds (0.1#10.140)