Bulog Target Serap 450.000 Ton Beras selama Musim Kemarau

Kamis, 23 Agustus 2018 - 18:07 WIB
Bulog Target Serap 450.000 Ton Beras selama Musim Kemarau
RPK Margacinta garda terdepan Bulog untuk menstabilkan harga sembako. Foto/SINDONews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Perum Bulog memaksimalkan serapan beras pada musim panen gadu atau kemarau untuk menambah ketersediaan stok beras di Jabar pada akhir 2018. Bulog menargetkan bisa menyerap 450.000 ton beras pada tahun ini.

Kepala Perum Bulog Divre Jabar Achmad Mamun mengatakan, hingga saat ini serapan beras Bulog Jabar baru sekitar 57% dari target sekitar 450.000 ton. Pihaknya optimistis target tersebut akan tercapai, mengejar musim panen gadu. Walaupun, dari sisi cadangan beras masih mencukupi hingga sembilan bulan ke depan.

“Masih ada waktu hingga akhir tahun untuk mengejar target. Tetapi nanti malam saya akan kumpulkan semua sub divre dari semua daerah untuk koordinasi agar serapan bisa maksimal,” kata Achmad di RPK Center, Jalan Margacinta, Kota Bandung, Kamis (23/8/2018).

Menurut dia, upaya memaksimalkan serapan beras agar pada masa paceklik, cadangan beras di Jawa Barat mencukupi. Apalagi, hingga menunggu panen raya Maret 2019, biasanya harga beras cenderung naik. Pada periode itu, sering terjadi gejolak harga untuk beras premium dan medium.

Selain memaksimalkan serapan, Bulog Jabar juga akan memaksimalkan jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai agen penjual eceran produk sembako Bulog. Saat ini, jumlah RPK di Jabar lebih dari 3.000 unit. Namun dari jumlah tersebut diperkirakan tidak semuanya aktif.

“Jumlah RPK di Jabar banyak, ada ribuan. Tetapi kami sedang menata ulang dan evaluasi. Kami berharap bukan hanya kejar banyaknya tetapi kelancarannya. Ada repeat order atau enggak,” pamungkas dia.

Diketahui, RPK saat ini menjadi garda terdepan Bulog dalam menstabilkan harga sembako. Harga sembako seperti beras, gula, minyak goreng, daging, bawang merah, bawang putih dipatok di bawah HET. Harga di tingkat RPK akan selalu sama, kendati dipasaran harga sembako melambung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8535 seconds (0.1#10.140)