alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Buka TMMD di Sumedang, Pangdam-Kapolda-Wagub Naik Kuda Renggong

Agus Warsudi
Buka TMMD di Sumedang, Pangdam-Kapolda-Wagub Naik Kuda Renggong
Pangdam Siliwangi, Kapolda Jabar, dan Wagub Jabar naik kuda renggong saat pembukaan TMMD ke-105 di Kabupaten Sumedang. Foto/Istimewa/Pendam Siliwangi

SUMEDANG - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menghadiri pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-105 dan pencanangan TNI Manunggal Masuk Kelurahan (TMMK) Kodim 0610/Sumedang, Selasa (9/7/2019).

TMMD dan TMMK dibuka oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Lapang Desa Pandanaan Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. Pembukaan TMMD ke-105 cukup meriah. Masyarakat setempat sangat antusias. Mereka menyambut Kapolda Jabar dan Pangdam III/Siliwangi dengan kesenian Kuda Renggong.

Sebelum upacara pembukaan TMMD, Pangdam III/Siliwangi dan Wagub Jabar serta tamu undangan terlebih dahulu menerima paparan tentang kesiapan pelaksanaan TMMD ke-105 tahun 2019 dari Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah.



Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang diikuti empat pasukan upacara terdiri dari Kodim 0610/Sumedang, Yonif 312/KH, Yon Armed 4/GS, Yon Arhanud 3, Satuan Brimob Jabar, Polres Sumedang, Satpol PP Sumedang, Ormas GM FKPPI, IPDN Sumedang, Pemuda Pancasila, LSM GMBI, Linmas, Mahasiswa, siswa SMK dan SMP.

TMMD ke-105 tahun 2019 mengusung tema "Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Umat Serta Semangat Gotong Royong Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional ".

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum selaku inspektur upacara mengatakan, TMMD ke-105 merupakan pelaksanaan kedua pada 2019 ini. TMMD bertujuan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di pedesaan.

Selain itu, kata Wagub, TMMD dilaksanakan dengan tujuan agar desa semakin maju dengan dibangunnya infrastruktur jalan, jembatan, fasilitas sosial dan umum, serta produksi pertanian dan kesejahteraan masyarakat meningkat.

"TMMD juga diharapkan meningkatkan kemandirian masyarakat untuk membangun diri dan lingkungannya. Saya berharap kegiatan TMMD kali ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan dapat diselesaikan tepat waktu," kata Uu.

Sasaran TMMD ke-105 tahun 2019 yang dikerjakan secara fisik di antaranya pembangunan jembatan, jalan, gorong-gorong, saluran air, dan tempat ibadah.

Selain kegiatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono membuka pencanangan Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu Kodam III/Siliwangi, ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan burung merpati.

Selanjutnya Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jabar, dan Wagub Jabar meninjau stand pelayanan masyarakat. Selanjutnya, melakukan penanaman pohon.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, TMMD ke-105 tahun 2019 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Di wilayah Kodam III/Siliwangi, kata Panglima, TMMD 105 dilaksanakan di empat daerah, yakni Kodim 0604/Karawang, Kodim 0607/Sukabumi Kota, Kodim 0610/Sumedang, dan Kodim 0617/Majalengka.

"TMMD mengerjakan TPT di empat titik dan TPT sayap jembatan Sungai Cibodas sepanjang 16,5 meter, tinggi 2,5 meter, dan lebar 30 sentimeter. Lalu pengerjaan gorong-gorong dan kupas tanah. Untuk sasaran tambahan, akan dilaksanakan rehab masjid, pembuatan MCK, dan pos kamling, “ kata Pangdam

Selain mengerjakan infrastruktur fisik, ujar Panglima, TMMD ke-105 juga melaksanakan kegiatan non-fisik seperti penyuluhan kesehatan, hukum, kesejahteraan rakyat, kesadaran bela negara, keamanan, dan ketertiban masyarakat.



(awd)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif