Krisis Air Bersih, Warga Bikin Sumur di Area Sungai

Senin, 08 Juli 2019 - 11:34 WIB
Krisis Air Bersih, Warga Bikin Sumur di Area Sungai
Warga Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jabar kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan. Sejumlah warga membuat sumur di area sungai untuk kebutuhan sehari-hari. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
KUNINGAN - Dua bulan terakhir, warga Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kesulitan mendapatkan air bersih akibat kekeringan. Sejumlah warga terpaksa mandi serta mencuci di sungai yang kotor. Mereka pun membuat sumur di area sungai untuk kebutuhan sehari-hari.

Warga mulai dari orang dewasa dan anak-anak mandi serta mencuci pakaian dan piring di sungai yang mulai surut dan kotor. Warga tetap menggunakan air dari sungai yang kotor dan berbau karena tak ada pilihan lain sejak dilanda kekeringan.

Salah seorang warga, Raswa mengatakan, sejak dilanda kekeringan dua bulan ini warga kesulitan air bersih. Mereka pun berinisiatif membuat sumur-sumur resapan di area sungai. Nantinya, air sumur ini akan dialirkan ke warga dengan cara disedot memakai mesin pompa air.

"Ini buat sehari-hari, mandi, cuci, dan lain-lain. Sumur-sumur di rumah sebagian sudah kering," kata Raswa, Senin (8/7/2019).

Warga berharap kepada pemerintah setempat untuk membantu pembuatan sumur bor agar tak kesulitan air bersih. Mereka juga berharap bantuan air bersih.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3076 seconds (0.1#10.140)