PSM Tantang Persija di Final Piala Indonesia

Minggu, 07 Juli 2019 - 23:02 WIB
PSM Tantang Persija di Final Piala Indonesia
PSM Makassar melaju ke partai puncak Kratingdaeng Piala Indonesia seusai unggul produktivitas gol tandang atas Madura United. Tangkapan layar ?@OfisialPialaIDN
A A A
JAKARTA - PSM Makassar sukses melaju ke Final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019 meski dikalahkan tuan rumah Madura United 1-2 pada leg kedua semifinal di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (7/7/2019). Tim Juku Eja lolos berkat keunggulan gol tandang setelah agregat 2-2.

Madura United yang kalah 0-1 pada leg pertama menekan sejak awal babak pertama. Motor serangan Greg Nwokolo dan Aleksandar Rakic kerap mendapat peluang emas, namun belum berbuah gol.

Pasukan Dejan Antonic baru dapat memecah kebuntuan pada menit ke-33 saat mendapat hadiah penalti. Tendangan 12 pas diberikan akibat Alberto Goncalves dikasari Beny Wahyudi di kotak terlarang. Rakic yang dipercaya menjadi eksekutor mengonversikan penalti dengan sempurna. Skor 1-0 untuk Madura United bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pertandingan berjalan sengit. Jual beli serangan terus terjadi, hingga puncaknya Greg Nwokolo berhasil menjebol gawang PSM yang dikawal Hilmansyah pada ke-58 lewat sepakan terukur.

Tertinggal dua gol, Pelatih PSM Darije Kalezic mengubah strategi dengan melakukan pergantian pemain. Zulham Zamrun dan Rizky Pellu ditarik keluar dan digantikan Eero Markkanen dan Bayu Gatra.

Hingga menit ke-80, Madura United masih unggul 2-1 secara agregat. Namun, petaka muncul di menit ke-83. Juku Eja berhasil mencetak gol melalui tandukan Aaron Evans.

Gol bermula tendangan bebas Marc Klok yang disambar sundulan Bayu Gatra, namun menghajar tiang gawang. Bola muntah jatuh dekat Aaron Evans yang langsung menyambarnya menjadi gol. Dengan gol itu, agregat menjadi 2-2. PSM lolos ke final karena unggul produktivitas gol tandang.

Di final, PSM bakal menghadapi Persija Jakarta yang menyingkirkan Borneo FC dengan agregat 3-2. Babak final digelar dua leg. Leg pertama rencananya digelar 21 Juli 2019, dengan PSM sebagai tuan rumah. Sedangkan leg kedua Persija menjadi tuan rumah pada 28 Juli 2019.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3799 seconds (0.1#10.140)