alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

TKI Tasini Pulang ke Majalengka dengan Tubuh Penuh Luka

Inin Nastain
TKI Tasini Pulang ke Majalengka dengan Tubuh Penuh Luka
Kapolres Majalengka AKBP Mariyono bersama Ketua Bhayangkari membesuk Tasini. Foto/Istimewa

MAJALENGKA - Nasib nahas dialami oleh Tasini (41), warga Blok Loji, Desa Ligung, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Bekerja sebagai TKI di Arab Saudi sejak sekitar satu tahun lalu, Tasini pulang ke Tanah Air dalam kondisi penuh luka.

Berdasarkan informasi, Tasini berangkat pada Agustus 2018. Sempat hilang kontak dengan pihak keluarga selama dua bulan, Tasini lalu diketahui mengalami luka lebam di sejumlah anggota badannya.

Kabar tentang nasib TKI Tasini yang bekerja di Arab Saudi berawal dari laporan Badan Nasional Penempatan dan Pelindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kepada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Majalengka.



Tasini pulang ke kampung halaman, Blok Loji, Desa Ligung, Kecamatan Ligung dengan dijemput oleh pihak Disnakerin pada Kamis (4/7/2019) malam. Rombongan penjemput tiba di rumah Tasini pada Jumat (5/7/2019) dini hari.

"Sempat dibawa ke rumah terlebih dahulu. Namun, karena melihat fisik Tasini yang penuh luka lebam, pihak keluarga meminta untuk dibawa ke RS saja," kata Kasi Pelatihan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Majalengka Wahyu Sudiantro kepada wartawan.

Tasini menjalani perawatan di RSUD Majalengka sejak Jumat (5/7/2019) dini hari. Setelah mendapat perawatan sekitar satu hari, kondisi Tasini mulai membaik.

"Pasien datang ditemani keluarga, ditangani oleh dokter spesialis bedah. Alhamdulillah semakin membaik," kata Direktur RSUD Majalengka Harizal F Harahap, Sabtu (6/7/2019).

Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab luka-luka yang dialami Tasini. Yang jelas, lanjut dia, Tasini mengalami luka di bagian muka, kaki, dan tangan.

"Kami tangani luka-luka luarnya. Kami tidak tahu penyebab lukanya apa. Kewajiban kami adalah menangani luka-luka dan menyembuhkan. Di bagian wajah ada (luka), lalu di bagian tangan dan kaki juga ada," jelas dia.

Kejadian yang dialami Tasini tersebut mengundang keprihatinan dari Kapolres Majalengka AKBP Mariyono. Bersama Ketua Bhayangkari Pijci Mariyono, Kapolres menyempatkan diri untuk membesuk Tasini di RS. "Alhamdulillah keadaannya semakin membaik ya," kata Mariyono.



(zik)