Pelaku UMKM Didorong Melek Digital Marketing

Sabtu, 06 Juli 2019 - 08:30 WIB
Pelaku UMKM Didorong Melek Digital Marketing
Dosen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komunikasi UBSI Bandung Femi Oktaviani (ketiga dari kiri) saat Pelatihan Digital Marketing di Ganesha Creative Printing. Foto/ Istimewa
A A A
BANDUNG - Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komunikasi Universitas BSI (UBSI) Bandung mendorong para pelaku usaha mikro menengah dan kecil (UMKM) di Bandung melek digital marketing.

Melalui kegiatan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Komunikasi UBSI Bandung membagikan ilmu digital marketing yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk meningkatkan pemasaran produknya.

Selain untuk meningkatkan kemampuan dalam pemasaran produk UMKM, kegiatan tersebut juga menjadi bagian tanggung jawab universitas dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap semester, sebagai tanggung jawab dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi UBSI Bandung Femi Oktaviani.

Femi melanjutkan, ilmu digital marketing penting dikuasai para pelaku UMKM. Terlebih, era teknologi informasi saat ini menuntut mereka untuk mampu bersaing dengan para pelaku usaha besar yang telah lebih dulu menerapkan digital marketing. "Kami menginginkan, para pelaku UMKM memiliki wawasan dan skill dalam memanfaatkan digital marketing," ujarnya, Jumat (5/7/2019).

Sebagai wujud nyata dorongan tersebut, pihaknya juga telah melakukan pelatihan digital marketing di UMKM Ganesha Creative Printing yang memproduksi berbagai macam marchandise, 2-3 Mei 2019.

"Dalam kegiatan Pemberdayaan Masyarakat itu, kami mengambil tema 'Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Marchandise'," kata Femi yang juga menjadi ketua dalam kegiatan tersebut.

Pihaknya berharap, melalui pelatihan digital marketing, UMKM yang berlokasi di Jalan Golf Barat Raya, Arcamanik, Kota Bandung itu mampu meningkatkan pemasaran produk-produk merchandise-nya melalui digital marketing.

Sementara itu, perwakilan Ganesha Creative Printing Yuni mengaku senang mendapatkan ilmu tentang digital marketing. Bahkan, pihaknya berharap, pelatihan bisa digelar rutin. "Bukan hanya digital marketing, namun juga tema-tema lain yang relevan untuk pengembangan dan kemajuan UMKM," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6100 seconds (0.1#10.140)