alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mau Membuat Soto Kuning Bogor yang Gurih? Ini Resepnya

Diana Rafikasari
Mau Membuat Soto Kuning Bogor yang Gurih? Ini Resepnya
Foto/Istimewa

JAKARTA - Soto kuning bogor merupakan salah satu makanan khas Kota Hujan yang disukai banyak orang. Rasanya gurih dengan aneka rempah dan isian, seperti daging sapi hingga perkedel.

Sekilas, soto kuning bogor sama seperti soto betawi. Namun, soto ini sedikit beda lantaran menggunakan kunyit yang membuat makanan memiliki kuah berwarna kuning dan membuat cita rasanya sedikit terasa kunyit.

Soto kuning bogor nikmat disantap bersama dengan pelengkap, seperti sambal, jeruk nipis, kerupuk, dan acar. Untuk menikmatnya, Anda tak perlu membeli. Buat saja di rumah. Berikut tipsnya seperti dikutip Tastemade.



Bahan-bahan:
300 g daging sapi
200 g sandung lamur
200 g kikil kaki sapi
1 btg serai keprek
3 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
1 ruas lengkuas
200 ml santan instan
5 btg daun bawang, ambil bagian putihnya
Garam
Gula pasir
Air
Minyak goreng

Bumbu:
5 btr kemiri sangrai
½ sdt lada putih butir
½ sdt jintan
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 ruas kunyit
1 ruas jahe

Cara membuat:
Didihkan air menggunakan panci presto. Rebus daging dan sandung lamur selama 15 menit, buang airnya. Tambahkan 2 liter air ke dalam panci berisi daging. Beri garam secukupnya. Masak daging dan sandung lamur dalam presto selama 15 menit. Hilangkan uap dalam panci, lalu buka panci, tiriskan daging kemudian iris-iris. Simpan air kaldunya.

Blender halus seluruh bumbu dengan sedikit air hingga halus. Sisihkan. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum. Tambahkan santan instan. Masak hingga santan mengeluarkan minyak lalu masukkan tumisan ke dalam panci berisi kaldu daging. Didihkan kembali sambil sesekali diaduk.

Masukkan kembali daging dan sandung lamur yang sudah diiris-iris bersama daun bawang. Beri garam dan gula pasir, cicipi. Matikan api. Soto kuning bogor siap dihidangkan.



(zik)