Pemda KBB Siapkan Anggaran Rp26 Miliar untuk Pilkades Serentak

Jum'at, 05 Juli 2019 - 06:05 WIB
Pemda KBB Siapkan Anggaran Rp26 Miliar untuk Pilkades Serentak
Kantor Bupati Bandung Barat. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan anggaran sebesar Rp26 miliar untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun 2019. Tercatat tahun ini akan digelar sebanyak 112 pilkades tersebar di 16 kecamatan.

"Anggaran yang disiapkan Rp26 miliar karena perhitungannya satu pemilih dianggarkan Rp15.000. Anggarannya itu dari bantuan keuangan Pemkab Bandung Barat," kata Kepala Bidang Penataan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB Rambey Solihin, Kamis (4/7/2019).

Dia menjelaskan, anggaran tersebut termasuk untuk honorarium panitia tingkat desa dan kebutuhan logistik pilkades, seperti bilik suara dan surat suara. Anggaran itu juga sudah mencakup biaya pengamanan yang melibatkan unsur TNI/Polri, berupa anggaran hibah untuk Polres Cimahi dan Kodim 0609/Kabupaten Bandung.

Selain anggaran dari bantuan keuangan Pemkab Bandung Barat, DPMD pun menyiapkan anggaran khusus untuk kelancaran pilkades serentak. Nilainya sekitar Rp1,8 miliar untuk keperluan fasilitasi penyelenggaraan pilkades karena untuk pelaksanaan pilkades ini ada panitia di tingkat kabupaten juga.

"Jadi, panitia di tingkat desa itu ada bantuan keuangan tadi, sedangkan anggaran untuk panitia tingkat kabupaten dari DPMD," ujarnya.
Pemda KBB Siapkan Anggaran Rp26 Miliar untuk Pilkades Serentak

Kepala Bidang Penataan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Desa, DPMD KBB Rambey Solihin. Foto/Dok SINDOnews

Proses pelaksanaan pilkades memerlukan waktu persiapan sekitar enam bulan. Hal itu mulai persiapan, pencalonan, pemungutan suara, penetapan, hingga pelantikan. Diharapkan penetapan kepala desa terpilih akan dilakukan pada tahun ini juga, agar pada 2020 penyusunan APBDes sudah dilakukan kepala desa terpilih.

Sementara itu, hingga pertengahan tahun ini, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna belum menentukan waktu yang pasti untuk pelaksanaan pilkades serentak di 112 desa tersebut. "Waktu tanggal pelaksanaannya belum ditentukan, tapi kemungkinan di bulan Oktober. Untuk anggaran dan segala macam sudah siap, minggu depan akan kami bahas lagi soal pilkades serentak ini," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4145 seconds (0.1#10.140)