TKD Kawal Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dan Merekatkan Kembali Masyarakat Jabar

Kamis, 04 Juli 2019 - 23:59 WIB
TKD Kawal Pemerintahan Jokowi-Maruf dan Merekatkan Kembali Masyarakat Jabar
TKD Jokowi-Maruf Jabar siap mengawal jalannya kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf di Jabar. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) Jawa Barat menyatakan siap mengawal jalannya pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di Provinsi Jabar. Kesiapan tersebut disampaikan menyusul kesepakatan seluruh partai koalisi pengusung Jokowi-Ma'ruf untuk mengawal program-program pembangunan yang diusung Jokowi-Ma'ruf hingga lima tahun ke depan.

Sekretaris TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar Abdy Yuhana menyatakan, keberadaan TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar sangat penting untuk mengawal jalannya pemerintahan Jokowi-Ma'ruf pada 2019-2024. Terlebih, akan banyak program-program besar dari pemerintah pusat yang dilakukan di Jabar.

Melalui TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar, pihaknya ingin memastikan manfaat program tersebut benar-benar dirasakan masyarakat hingga lapisan paling bawah. Terlebih, salah satu program besar yang dicanangkan Jokowi-Ma'ruf adalah pembangunan sumber daya manusia dan infrastruktur.

"Bagaimana agar itu dikawal, agar bisa dirasakan masyarakat. Jadi TKD tidak boleh bubar," tegas Abdy seusai Halalbihalal TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar di Hotel Grand Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Kamis (4/7/2019).

Selain mengawal jalannya pemerintahan Jokowi-Ma'ruf di Jabar, lanjut Abdy, keberadaan TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar juga akan berupaya kembali merekatkan seluruh elemen masyarakat Jabar yang sempat terbelah di ajang Pilpres 2019. "Temanya lebih kepada persatuan Indonesia. Kekuatan, elemen masyarakat yang ada di Jawa Barat harus bersatu kembali," katanya.

Menurut Abdy, kondisi ini pun dirasakan betul oleh Presiden Jokowi. Saat TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar diundang ke Istana Bogor belum lama ini, kata Abdy, Jokowi mengingatkan betapa pentingnya merajut kembali tali persaudaraan di masyarakat.

"Beliau menyampaikan pesta demokrasi sudah usai, sekarang saatnya bangun silaturahmi. Rekatkan kembali masyarakat, lupakan perbedaan pilihan, bersama-sama membangun Indonesia agar lebih maju," tutur Abdy menyampaikan pesan Jokowi.

Bahkan, Abdy yang juga Sekretaris DPD PDIP Jabar itu menyatakan, seluruh anggota TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar akan turun langsung ke masyarakat untuk mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan. "Kita akan tingkatkan komunikasi, sehingga bisa dibangun silaturahmi," tandasnya.

Senada dengan Abdy, Jubir TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar yang juga Wakil ketua DPD Golkar Jabar MQ Iswara mengatakan, koalisi partai ini akan mengawal seluruh kinerja Jokowi-Ma'ruf di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota di Jabar. "Janji kampanye Jokowi kemarin akan kami bantu mewujudkannya lewat eksekutif dan legislatif di tingkat daerah," katanya.

Menurut Iswara, langkah untuk mewujudkan janji kampanye Jokowi-Ma'ruf di Jabar sudah dilakukan pihaknya dengan menginventarisasi janji kampanye Jokowi-Ma'ruf kepada masyarakat Jabar. Selain itu, 'pekerjaan rumah' yang belum rampung di periode pertama pemerintahan Jokowi juga akan menjadi pekerjaan TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar ke depan.

"Ada berbagai pekerjaan rumah yang belum usai juga, misalnya dari segi pendidikan, kesehatan, dan ekonomi seperti daya beli masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut Iswara menjelaskan, langkah konkret yang akan dilakukan TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar yakni mendorong kepala daerah terutama gubernur, bupati, dan wali kota untuk mendorong melaksanakan percepatan pembangunan nasional. "Jika ada yang kepala daerah tidak sama kolisinya, maka kita akan mendorong di legislatif," ujarnya.

Kemudian, jika terdapat hambatan di tingkat kabupaten/kota, pihaknya akan berupaya di legislatif tingkat provinsi. Bahkan, pihaknya pun siap mendorong Kementerian jika menghadapi kendala di DPRD provinsi. "Kita akan berupaya keras agar seluruh pekerjaan Pak Jokowi di periode kedua pemerintahannya selesai," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7370 seconds (0.1#10.140)