alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pasar Sentra Sayuran Lembang Bantu Petani KBB Pasarkan Hasil Panen

Adi Haryanto
Pasar Sentra Sayuran Lembang Bantu Petani KBB Pasarkan Hasil Panen
Sejumlah pedagang menata dagangannya di Pasar Sentral Sayuran Lembang. Pasar ini mengakomodasi ratusan petani untuk memasarkan sayuran hasil panennya. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG - Ratusan petani dan pedagang sayuran di wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah tidak lagi kesulitan dalam memasaran produk-produk pertaniannya.

Pasar Sentra Sayuran Lembang di Jalan Kayu Ambon mengakomodir, para petani yang memiliki lahan kecil dengan hasil panen kurang dari 100 kg bisa langsung menjual produknya ke konsumen.

Firman (32), salah seorang pedagang warga Kampung Citespong, Desa Sukajaya, mengatakan, sangat terbantu dengan keberadaan Pasar Sentra Sayuran Lembang.



Sebab dia tidak harus menjual sayurannya ke Jakarta yang memerlukan biaya cukup tinggi. Belum lagi kendala kemacetan yang bisa membuat komoditas sayuran rusak dan layu karena terlalu lama di jalan.

"Sekarang enak. Dengan pasar khusus sayuran di Lembang, bisa dijual langsung di sini gak perlu jauh-jauh. Bahkan saya gak harus nyari produk sayuran ke petani karena mereka yang datang menjual sayurannya," kata Firman, Rabu (3/7/2019).

Salah seorang petani, Saeful Hakim Sain mengemukakan, keberadaan Pasar Sentra Sayuran Lembang memberikan nilai tambah bagi dirinya.

Tak ada lagi biaya transportasi yang harus dianggarkan untuk pengiriman sayuran ke Pasar Induk Cibitung yang selama ini dilakukannya. Soal harga pun bisa bersaing karena rantai distribusi tidak panjang, tapi dari petani langsung ke konsumen.

"Sebelumnya saya jual sayuran ke Pasar Induk Cibitung. Tapi sejak ada Pasar Sentra Sayuran Lembang, tidak lagi. Saya lebih nyaman dan untung jual di sini langsung dan tiap hari sayuran yang dipanen bisa dijual," ujar Saeful.

Pasar Sentra khusus sayuran di Lembang ini sebenarnya baru beroperasi pada Juli 2018 lalu. Awalnya pasar ini untuk mengakomodasi para pedagang yang tidak tertampung di Pasar Panorama Lembang.

Seiring berjalannya waktu Pasar Sentra Sayuran Lembang ini terus berkembang dan kini sudah terbangun 96 kios atau lapak pedagang sayuran di total lahan seluas 1.250 meter persegi.

Staf Administrasi CV Sentra Sayur Garden City Lembang selaku pengelola Pasar Sentra Sayuran Lembang Dodih Adhy Heryadi mengatakan, di pasar ini tertampung lebih dari 90 pedagang.

Mereka adalah petani yang menjual sayurannya tanpa melalui agen atau tengkulak. Tidak hanya itu ada lebih dari ratusan petani kecil dari 16 desa di wilayah Lembang yang berjualan di pasar ini. Namun mereka menitipkan komoditas sayurannya ke kios-kios pedagang.

"Petani kecil itu ada yang hanya panen seiket atau sekeranjang. Kan kalau segitu gak mungkin dijual ke Jakarta. Tapi kalau di sini kan mereka bisa nitip ke pedagang lain untuk dijualkan," kata Dodih.



(awd)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif