Cellica Perintahkan Dinkes Karawang Bantu Pengobatan Satia Bocah Penderita Obesitas

Rabu, 03 Juli 2019 - 11:46 WIB
Cellica Perintahkan Dinkes Karawang Bantu Pengobatan Satia Bocah Penderita Obesitas
Satia (7), bocah Karawang penderita obesitas. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memerintahkan Dinas Kesehatan segera membantu pengobatan bocah penderita obesitas, Satia (7). Bocah warga Kampung Cilempung, Desa Pasirjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang ini akan dirawat di RSUD Karawang.

Satia menderita obesitas akibat pola makan berlebihan sehingga berat badannya mencapai 97 kilogram. "Bupati sudah instruksikan agar kita segera tangani pengobatan Satia berobat ke rumah sakit. Hari ini Satia dan orang tuanya akan ke rumah sakit RSUD untuk menjalani pengobatan," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Karawang Nurdin Hidayat, Rabu (3/7/2019).

Menurut Nurdin, petugas Puskesmas Cilamaya Kulon sudah pernah memeriksa kondisi Satia. Waktu itu diberi terapi pengobatan dengan cara memperbaiki pola makan sesuai arahan dokter puskesmas. Hanya saja, arahan untuk mengubah pola makan Satia tidak berhasil. Satia marah dan menangis kalau keinginan makannya dikurangi. "Mengubah pola makan Satia tidak berhasil karena dia terus merengek kepada orang tuanya," ujarnya.

Nurdin membantah anggapan Satia menderita obesitas karena disunat. Belum ada literatur yang menyebutkan sunat memengaruhi nafsu makan. Meski begitu, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisi Satia.

"Nanti kita akan dalami seperti apa kondisinya dan juga penyebab pasti mengalami obesitas," katanya. (Baca Juga: Berat Badan Bocah Satia 97Kg, Sehari Makan 6 Kali Plus Bakso dan Ngemil(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3194 seconds (0.1#10.140)