Tetelan Mercon Ini Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Rabu, 03 Juli 2019 - 09:05 WIB
Tetelan Mercon Ini Dijamin Bikin Lidah Bergoyang
Sepiring nasi hangat akan lebih terasa nikmat dengan ditemani tetelan mercon yang pedas dengan potongan daging yang bakal menggoyang lidah. (Instagram/Berbagi Resep)
A A A
JAKARTA - Lauk yang bercita rasa pedas cocok menjadi teman nasi hangat. Salah satu lauk bercita rasa pedas itu adalah tetelan mercon. Makanan ini menawarkan rasa pedas yang menggugah selera. Bahkan, saking pedasnya, makanan ini disebut mercon.

Agar tetelan mercon ini tambah nikmat, sebaiknya gunakan tetelan dari daging sapi sandung lamur. Daging ini biasa dipakai untuk membuat rawon. Daging ini biasanya memiliki sedikit lemak dengan urat yang lumayan banyak.

Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep membuat tetelan mercon untuk teman nasi hangat Anda seperti dikutip dari akun Instagram @berbagiresep.

Bahan-bahan :
1/4 kg daging sapi tetelan
5 siung bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1/2 ruas kunyit, haluskan
5 buah cabai keriting, haluskan
10 buah cabai rawit, ulek kasar
2 ruas lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
4 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
Gula pasir
Garam

Cara membuat:
1. Bersihkan daging. Potong daging kecil-kecil atau sesuai selera. Tumis semua bumbu. Tambahkan air dan masukan daging. Masak hingga daging empuk.

2. Jika daging belum empuk, bisa tambahkan air lagi. Masak daging hingga kering dan bumbu mulai mengeluarkan minyak. Koreksi rasa. Angkat. Tetelan mercon siap dihidangkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7671 seconds (0.1#10.140)