alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mahasiswa Psikologi Unjani Ikuti Pendidikan Kepemimpinan

Adi Haryanto
Mahasiswa Psikologi Unjani Ikuti Pendidikan Kepemimpinan
Sejumlah mahasiswa Jurusan Psikologi Unjani ketika mengikuti outbond dan pendidikan karakter di lingkungan kampus sebagai bagian dari penerapan soft skill mata kuliah kepemimpinan, Selasa (2/7/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

CIMAHI - Sebanyak 128 mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani), Cimahi, mengikuti pendidikan kepemimpinan selama tiga hari yang digelar di lingkungan kampus. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa semester 6, 7, dan 8 ini untuk melengkapi pembelajaran di kelas dengan praktik langsung di lapangan sekaligus menerapkan jiwa korsa dan kedisiplinan.

"Ini adalah inovasi dari program kepemimpinan yang biasanya pembelajaran di kelas, tapi sekarang praktik langsung di lapangan guna mengasah skill," kata Dosen Psikologi Unjani Muhammad Zein Permana yang menjadi salah satu trainer dalam kegiatan ini, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya, pola metode pembelajarannya bukan hanya kognitif, tapi aplikasi langsung sehingga bisa membentuk karakteristik mahasiswa. Hal itu sangat efektif dalam pembelajaran dan bisa diingat lebih lama. Terlebih dalam kegiatan ini melibatkan tujuh dosen sebagai trainer, 14 mahasiswa tingkat akhir, dan bekerja sama dengan Resimen Mahasiswa (Menwa).



Para mahasiswa psikologi ini diharapkan mampu memiliki kemampuan memengaruhi orang lain, komunikasi efektif, serta melatih kebersamaan. Mereka juga harus punya skill adaftif yakni mampu menempatkan di mana berada dan empati tinggi. Sebab, di era Revolusi Industri 4.0 yang semua serba berjejaring dengan mengandalkan networking, bukan hanya kemampuan wawasan (teori) yang harus dimiliki.

"Sekarang ini kan orang mudah kaget atau sensitif ketika ada perbedaan, seperti pada pilpres lalu. Makanya mahasiswa psikologi harus dinamis, adaftif, respontif, dan bisa memberikan solusi," jelasnya.

Salah seorang mahasiswa Muhammad Mazdo Prakoso mengaku diajari pendidikan baris-berbaris, komunikasi, dan kerja sama. Hal tersebut sejalan dengan mata kuliah kepemimpinan yang ada di Fakultas Psikologi. Praktik langsung di lapangan ini semakin membantu mengetahui siapa dirinya, bagaimana mengenali lingkungan, serta mengasah kerja sama.

"Praktik lapangan ini baik dalam mengasah soft skill. Saya pertama kali ikut dan ini sangat keren, rame, dari pagi sampai sore juga nggak jenuh," tuturnya.



(zik)