989 Bintara TNI AD Dilantik, Resmi Sandang Pangkat Sersan Dua

Sabtu, 29 Juni 2019 - 21:27 WIB
989 Bintara TNI AD Dilantik, Resmi Sandang Pangkat Sersan Dua
anrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusnohadi saat melantik lulusan Diktukba TNI AD TA 2019. Foto/Istimewa/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG - Sebanyak 989 Bintara yang lulus Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AD Tahun Anggaran (TA) 2019 menjalani proses pelantikan di Secaba Bihbul Rindam III/Siliwangi Desa Sindanglaya, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu (29/6/2019).

Pelantikan sekaligus penutupan Diktukba TNI AD TA 2019 tersebut dipimpin oleh Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Indarto Kusnohadi.

Setelah lulus Diktukba dan dilantik, 989 Bintara TNI AD muda itu resmi menyandang pangkat Sersan Dua TNI.

"Pendidikan ini membentuk prajurit dari berpangkat Tamtama menjadi Bintara yang diikuti 989 orang peserta didik dari berbagai satuaN, semuanya dinyatakan lulus, dan berhak menyandang pangkat Sersan Dua," kata Indarto.

Dalam kesempatan itu, Danrindam Siliwangi mengucapkan selamat kepada para mantan siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan ini dengan aman dan lancar.

"Keberhasilan pendidikan mengharuskan kalian lebih siap untuk menghadapi pendidikan selanjutnya. Yang pasti lebih banyak dinamika sehingga membutuhkan kondisi fisik lebih baik dari sebelumnya," ujar Danrindam.

Keberhasilan pendidikan Bintara ini, tutur Indarto, merupakan modal dasar berharga untuk mendukung kelancaran pendidikan, yaitu pendidikan kecabangan masing-masing.

Tujuan Diktukba adalah membekali kemampuan dan keterampilan khusus serta sekaligus merupakan syarat mutlak yang harus ditempuh untuk menjadi seorang Bintara andal.

"Jenjang Bintara merupakan tulang punggung satuan sekaligus untuk bekal sebagai pimpinan pelaksana terdekat dengan bawahan. Sehingga diharapkan mampu mewujudkan sikap terpuji pada penampilan diri," tutur Indarto.

Danrindam mengingatkan, kehadiran Bintara di satuan bukanlah prajurit baru. Karena itu, penghayatan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI merupakan pegangan utama.

Untuk menjaga nama baik dan kredibilitas Bintara di mata bawahan, ungkap Danrindam, baik secara struktur dan fungsional, pangkat Bintara memiliki peran strategis yang menentukan bagi keberhasilan satuan.

"Kapabilitas Bintara tidak semata-mata bertumpu pada kemanpuan teknis dan taktis operasional, namun aspek kepemimpinan lapangan saat membina, melatih dan mengawawasi prajurit junior menjadi tugas pokok yang harus dikuasai," ungkap dia.

Indarto menekankan, sikap mental baik dalam bertugas dan dilandasi norma harus menjadi corak dan warna tersendiri bagi seorang prajurit TNI.

Tingkatkan selalu budaya belajar dan berlatih serta memperkaya diri dengan kemampuan wawasan ilmu pengetahuan agar tetap profesional dibidang tugas masing-masing.

"Saya yakin dan percaya kalian dapat melaksanakan tugas pendidikan tahap selanjutnya dengan baik dan berhasil. Jangan lupa tetap bersyukur sebagai karunia yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa agar apa yang telah kalian cita-citakan memberikan manfaat dalam meniti karier keprajuritan di masa mendatang," kata Indarto.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.0032 seconds (0.1#10.140)