Pemkot Bandung Gelar Asia Africa Festival 2019, Arus Lalin Dialihkan

Jum'at, 28 Juni 2019 - 12:56 WIB
Pemkot Bandung Gelar Asia Africa Festival 2019, Arus Lalin Dialihkan
Pemkot Bandung bakal menggelar Asia Afrika Festival (AAF) 2019 di Jalan Asia Afrika dari Simpang Empat Asia Afrika-Tamblong hingga Persimpangan Asia Afrika-Otto Iskandardinata. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Pemkot Bandung bakal menggelar Asia Africa Festival (AAF) 2019 di Jalan Asia Afrika dari Simpang Empat Asia Afrika-Tamblong hingga Persimpangan Asia Afrika-Otto Iskandardinata. Meski event itu berlangsung tiga hari yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu (28 hingga 30 Juni 2019), pengalihan arus lalu lintas hanya diberlakukan pada Sabtu (29/6/2019).

Pada Sabtu 29 Juni 2019, penutupan arus lalu lintas dilakukan dari simpang empat sebelum Hotel Savoy Homann hingga Masjid Agung. Penutupan dilakukan besok pagi. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung telah menyusun rekayasa jalan pengalihan arus lalu lintas saat Asia Africa Festival 2019 berlangsung.

Kasubbag Humas Polrestabes Bandung Kompol Santhi Rianawati mengatakan, beberapa lokasi dan ruas jalan yang akan digunakan untuk acara AAF 2019 antara lain, Jalan Asia Afrika, Tamblong, Braga, Alun-alun Timur, dan Jalan Cikapundung Barat.

Kata Santhi, kendaraan yang menuju ke Jalan Sudirman diarahkan ke Jalan Tamblong, kemudian masuk ke Jalan Veteran, lalu ke Jalan Sunda. Selanjutnya melalui Jalan Sumbawa, Belitung, Sumatera, Aceh, Merdeka, Perintis Kemerdekaan, Suniaraja, dan Jalan Otista.

Sementara, arus kendaraan yang mengarah ke Jalan Tegalega, diarahkan ke Jalan Lengkong Besar, Pungkur, dan Jalan Ottista. "Pengalihan ini hanya berlaku dalam satu hari, Sabtu 29 Juni 2019 sejak pukul 06.00 sampai acara selesai," kata Santhi di Mapolrestabes Bandung, Jumat (28/6/2019).

Selama pengalihan arus lalu lintas, ujar Santhi, ditempatkan personel Satlantas dan Dishub Kota Bandung untuk memberikan pengamanan dan pengawalan pengalihan arus.

Dalam kegiatan AAF 2019 pada Sabtu, festival diawali historical walk dari Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, menuju Palestine Walk tepat berada di Jalan Alun-alun Timur, depan Alun-alun Bandung. Di lokasi tersebut, para peserta akan melepas burung merpati sebagai simbol perjuangan rakyat Palestina. Kegiatan ini berlangsung sekitar pukul 08.00-10.00 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 10.00-12.00 WIB digelar parade dari kota/kabupaten dan negara sahabat. Parade akan berlangsung di sepanjang Jalan Asia-Afrika. Selama parade, Jalan Asia-Afrika ditutup sementara.

Selama festival berlangsung, ruas jalan yang perlu warga Bandung hindari di antaranya Jalan Dalem Kaum dan Jalan Asia Afrika. Setelah acara usai, arus lalu lintas akan kondisional atau menyesuaikan kondisi lalu lintas.

Sementara itu, parade penampilan negara delegasi dan kabupaten/kota yang ikut memeriahkan acara terletak di Jalan Asia Afrika pada pukul 10.00-12.00 WIB. Selama perhelatan parade, ruas Jalan Asia Afrika akan ditutup sementara.

"Setelah parade, festival dimeriahkan oleh hiburan musik. Panggung pentas musik terletak di pinggir Gedung Merdeka, Jalan Braga. Acara ini berlangsung hingga malam hari," ujar Santhi

Warga juga diimbau untuk memilih transportasi umum jika ingin hadir di Asia Africa Festival 2019. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkirkannya di basement Alun-alun Bandung dan kawasan lain yang sudah disediakan tempat parkir.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7648 seconds (0.1#10.140)