alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AniFestKom 2019 Digelar di Unikom

Agus Warsudi
AniFestKom 2019 Digelar di Unikom
Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Animation Festival Unikom atau AniFestKom 2019 selama tiga hari 27-29 Juni 2019 di Kampus Unikom, Kota Bandung, Jabar. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Animation Festival Unikom atau AniFestKom 2019 selama tiga hari 27-29 Juni 2019 di Kampus Unikom, Kota Bandung. Event bergengsi ini terselenggara berkat kerja sama antara Unikom dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Ketua Pelaksana AniFestKom 2019 sekaligus Ketua Divisi Animasi Unikom Robby UI Pratama mengatakan, AniFestKom 2019 merupakan festival animasi yang digelar Unikom sebagai wadah berkumpulnya para pegiat animasi di Indonesia seperti akademisi, praktisi, industri, dan komunitas untuk saling bertukar informasi.

"AniFestKom 2019 memiliki empat rangkaian kegiatan, yaitu seminar animasi, diskusi film animasi, master class, dan Indonesia Reallusion Awards (IRA) 2019," kata Robby seusai pembukaan AniFestKom 2019 di Auditorium Lantai 17, Kampus Unikom Bandung, Kamis (27/6/2019).



Tahun ini, ujar Robby, AniFestKom 2019 mengangkat tema 'Animasi Milenial'. Tema tersebut berangkat dari fakta bahwa karakter animasi saat ini sudah menjadi bagian dari para milenial untuk dijadikan influencer. Karena itu, pembicara yang akan hadir dalam rangkaian kegiatan AniFestKom 2019 juga merupakan para pemilik IP yang karakternya telah menjadi influencer di berbagai platform sosial media seperti Kiko, Si Juki, Om Perlente, dan Adit Sopo Jarwo.

Dia mengemukakan, selain diskusi dan seminar, AniFestKom 2019 juga mengadakan kompetisi Indonesia Reallusion Awards (IRA) 2019. IRA adalah kompetisi pembuatan animasi pre visualisasi tingkat nasional yang diikuti oleh perguruan tinggi di seIuruh Indonesia.

"Pada kompetisi ini, sebanyak 21 tim dari seIuruh perguruan tinggi di Indonesia akan ditandingkan selama 48 jam untuk memperebutkan gelar 3 besar animasi terbaik," ujar dia.

Robby menuturkan, ajang AniFestKom 2019 juga sekaligus mem-branding Unikom agar semakin dikenal khalayak luas, khususnya di bidang animasi. Terlebih setiap mahasiswa di Unikom dibekali mata kuliah animasi.

"Kami berharap AniFestKom 2019 dapat memberikan manfaat dan memperluas cakrawala berpikir bagi para peserta terkait perkembangan dunia animasi khususnya di Indonesia karena saat ini kita sudah memasuki era ekonomi kreatif,” jelas Robby.

Kegiatan ini, ungkap Robby, mendapat dukungan dari MNC Games dan MNC Animation. MNC Games dan MNC Animation mendukung penuh aktivitas positif AniFestKom 2019 karena acara seperti ini bisa menjadi wadah untuk bertukar pikiran, pengalaman, dan informasi di bidang animasi, bahkan dapat membangun kerja sama antara akademisi dengan industri untuk menciptakan sumber daya manusia di bidang animasi.

"Project Manager MNC Games Albertus Agung akan menjadi salah satu pembicara dalam seminar yang diadakan pada hari kedua, Jumat 28 Juni 2019. Albertus Agung menyampaikan materi 'Kiko From Animation To Games'," ungkap Robby.

Albertus Agung mengatakan, dalam diskusi itu dia akan menceritakan perjalanan awal Kiko sebagai tokoh animasi menjadi sebuah game. Selain itu, AG juga akan menjadi juri di Indonesia Reallusion Award 2019.  "Berkarier dalam industri animasi merupakan impian sebagian besar orang di bidang kreatif. Semoga sharing pengalaman kami dalam animasi dan game dapat memberikan inspirasi positif untuk teman-teman dalam industri ini," kata Albertus Agung.



(zik)