alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PDAM Tirta Tarum Karawang Dapat Hibah Rp5 Miliar

Nila Kusuma
PDAM Tirta Tarum Karawang Dapat Hibah Rp5 Miliar
Diretur Utama PDAM Tirta Tarum Karawang M Sholeh (tengah) menerima dana hibah. Foto/Istimewa

KARAWANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum Karawang mendapatkan dana hibah sebesar Rp5 miliar untuk mendukung peningkatan akses air minum dan layanan sanitasi bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan perkotaan. Bantuan hibah kali ini datang dari United States Agency for International Development (USAID) dan State Secretariat for Economic Affairs (Seco).

"Kita terpilih untuk mendapatkan dana hibah dari tujuh PDAM yang terpilih. Selain Karawang, ada PDAM Depok, Kabupaten Bogor, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Sukoharjo dan Kota Surakarta. Dari tujuh PDAM itu, Alhamdulillah PDAM Karawang mendapat kesempatan untuk tampil di atas panggung dan menyampaikan pandangannya di hadapan Menteri Bappenas Bambang Brojonegoro dan Duta Besar Amerika Serikat Joseph R Donovan, Duta Besar Swiss Kurt Kunz dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana," papar Direktur Utama PDAM Tirta Tarum Karawang M Sholeh, Kamis (27/6/2019).

Menurut M Sholeh, hibah ini penting untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat Karawang. Apalagi saat ini PDAM Tirta Tarum tengah bangkit dari keterpurukan dengan terpilihnya jajaran direksi yang menjabat belum genap satu tahun ini.



"Kita sedang bangkit baik itu dalam hal manajemen, operasional, finansial maupun teknis. Bantuan hibah ini dapat memotivasi kami untuk bekerja lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Sesuai moto kerja kami BEST atau Berikan Service Terbaik untuk menjadi pelayan masyarakat," katanya

M Sholeh mengatakan, segenap jajaran PDAM Tirta Tarum siap melaksanakan kemitraan USAID dan Seco demi menuju PDAM yang efisien, efektif, ekonomis, dan ramah lingkungan. Beberapa permasalahan yang ada seperti kurang efisiennya penggunaan energi akibat pompa air dan distribusi sudah melebihi usia teknis, dan kapasitas pompa masih lebih besar dari konsumsi. "Semua persoalan kita atasi secara bertahap sampai PDAM menjadi perusahaan yang betul-betul sehat," ujarnya.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan bantuan hibah ini dapat meningkatkan pelayanan PDAM Tirta Tarum kepada masyarakat. Dia percaya jajaran direksi PDAM yang belum genap satu tahun dipilihnya ini bisa bekerja secara maksimal dalam melayani kebutuhan air masyarakat. "Manfaatkan bantuan ini untuk kepentingan masyarakat hingga sampai ke desa-desa. Kebutuhan akan air bersih sangat penting, jadi itu harus diutamakan dan manfaatkan bantuan ini dengan maksimal," ujar Cellica

Cellica mengaku memberikan apresiasi atas kinerja PDAM yang dalam setahun ini semakin menunjukkan tren positif dan semakin sehat. Jajaran direksi PDAM Tirta Tarum dinilainya sudah bekerja keras membuat perusahaan daerah ini semakin sehat setelah sempat terpuruk.

"Ini kabar gembira buat kita, ternyata PDAM Tirta Tarum semakin sehat. Yang menjadi kunci keberhasilan PDAM karena jajaran direksi dan karyawannya membangun komitmen yang sama yaitu menjalankan sistem korporasi," katanya.



(zik)