Ajang DSC|X 2019 Dorong Pebisnis Muda Bandung Gapai Sukses

Rabu, 26 Juni 2019 - 21:34 WIB
Ajang DSC|X 2019 Dorong Pebisnis Muda Bandung Gapai Sukses
Para mentor memberikan wawasan kewirausahaan kepada peserta ajang DSC|X yang digelar Kota Bandung. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Para pebisnis muda Bandung mendapat tantangan untuk mewujudkan kesuksesan mereka melalui ajang Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019/(DSC|X).

Ajang kompetisi kewirausahaan yang digagas Wismilak Foundation tersebut digelar di Co & Co, sebuah coworking space yang kini berkembang menjadi salah satu pusat komunitas kreatif di Kota Bandung, Selasa 25 Juni 2019 malam.

Sejak pendaftaran dibuka secara online pada 15 Mei 2019 lalu, ajang Roadshow DSC|X tersebut mendapat antusiasme tinggi dari para pebisnis muda, baik lokal maupun nasional.

Sejumlah narasumber mumpuni di bidang kewirausahaan pun dihadirkan, seperti mentor nasional DSC|X 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur, dan musisi Dina Dellyana serta local hero dan Founder & CEO eFishery, Gibran Huzaifah dan Gatot Hendraputra dari Coworking Indonesia.

Penggagas DSC|X sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak, Edric Chandra mengatakan, sebagai kota industri kreatif, Bandung menyimpan banyak wirausahawan muda, bahkan berpotensi memunculkan Pengusaha - pengusaha muda berbakat.

"Di dalam roadshow ini, para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X," kata Edric dalam siaran pers yang diterima SINDONews, Rabu (26/6/2019).

Lebih jauh Edric mengatakan, perhelatan DSC|X tahun ini hadir dengan format baru yang telah disempurnakan, yakni memberikan jangkauan lebih luas kepada calon wirausahawan muda di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.

Tidak hanya mendapatkan hibah sebesar Rp2 miliar, kata Edric, DSC|X juga memberikan pendampingan dari mentor-mentor wirausaha berpengalaman dan sukses di bidangnya masing-masing selama masa inkubasi.

"Kami berharap, roadshow ini menjadi sebuah ajang yang tidak hanya menginspirasi, namun juga mitra strategis bagi kaum muda yang terjun ke dunia usaha untuk meraih kesuksesan," katanya.

Sementara itu, mentor nasional DSC|X 2019 sekaligus Direktur Bisnis SBM ITB, entrepreneur, dan musisi, Dina Dellyana menerangkan, ajang DSC|X memberikan beragam kiat dan solusi penting dalam menghadapi berbagai tantangan dalam berwirausaha.

"Para peserta yang mampu keluar sebagai yang terbaik dalam ajang ini akan mendapatkan hibah modal untuk mewujudkan bisnisnya," katanya.

"Bandung ini sumbernya pelaku usaha kreatif yang memiliki karakter wirausahawan dan konten lokal yang kuat dalam produk-produk kreatifnya," sambung Dina.

Roadshow DSC|X di Kota Bandung ini juga menghadirkan local hero, Gibran Huzaifah sebagai founder & CEO eFishery, yakni teknologi pakan ternak cerdas untuk budidaya ikan dan udang.

Gibran yang sukses masuk dalam 30 inovator muda Asia berusia di bawah 30 tahun ini memiliki kepedulian tinggi untuk meningkatkan kehidupan peternak ikan. Bahkan, Forbes menyebut dirinya sebagai entrepreneur pengembang teknologi agrikultur.

Dia berharap, para peserta bisa memulai bisnisnya untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat, bukan sekadar mengikuti trend. Semakin banyak entrepreneur terlibat dan bisa meraih keberhasilan, kata Gibran, maka mereka akan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Lebih jauh Gibran mengatakan, ajang DSC|X yang digelar di 9 kota ini mampu membangun semangat kewirausahaan sekaligus membantu pengusaha lokal di daerah untuk mendapatkan eksposur permodalan, mentorship, serta publikasi yang bisa membantu mereka utk lebih maju.

"Dengan begitu, ekonomi lokal bisa berkembang dan kualitas ekosistem disana juga bisa lebih maju," katanya.

Diketahui, Roadshow DSC|X digelar mulai 21 Mei hingga 23 Juli 2019 di 9 kota di Indonesia, yakni Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Medan. Makassar, Bali dan Jakarta.

Setelah digelar di Kota Bandung, roadshow DSC|X akan hadir di Kota Medan, Makasar, Bali, dan Jakarta sebagai kota terakhir penutup roadshow.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3402 seconds (0.1#10.140)