Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemprov Jabar Gelar 262 Festival

Selasa, 25 Juni 2019 - 16:51 WIB
Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemprov Jabar Gelar 262 Festival
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan sambutan dalam Launching West Java Calendar of Event 2019, Selasa (25/6/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat sedikitnya memiliki 262 agenda festival untuk mendongkrak kunjungan wisatawan Tanah Pasundan yang terangkum dalam West Java Calendar of Event 2019. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, pihaknya ingin mewujudkan Jabar sebagai provinsi pariwisata. Terlebih, Jabar memiliki panorama alam yang indah serta warganya yang kreatif.

"Sebanyak 262 (agenda festival) itu setiap dua hari minimal ada satu atau dua festival, menandakan produktivitas karena festival itu kan hiburan ya. Sehingga, orang ingin menampilkan sisi budaya, sisi kreativitasnya," tutur Emil seusai Launching West Java Calendar of Event di Trans Studio Mall Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa (25/6/2019).

Menurut Emil, sebenarnya terdapat ribuan festival yang akan digelar hingga akhir 2019 itu. Namun, setelah melalui tahapan kurasi, pihaknya memilah ribuan festival itu berdasarkan skala profesional, pelibatan masyarakat, dan daampak ekonomi yang optimal. "Tanggapannya juga, citra positif. Itu akhirnya diseleksi, jatuhlah di sekitar 262 (agenda kegiatan)," jelas Emil.

Emil kembali menekankan, pembangunan pariwisata di Jabar bakal menjadi prioritas. Kata Emil, pariwisata merupakan lokomotif ekonomi Jabar karena manfaatnya dapat terasa oleh semua kalangan, mulai konglomerat hingga juru parkir sekalipun.

"Makanya saya bilang, kalau mau ditanya di mana ekonomi Pancasila, pariwisata adalah studi kasus yang paling ideal," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik menjelaskan, ratusan festival yang akan digelar tersebut sebagai upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jabar. "Kita angkat 262 (agenda festival) ini karena mempunyai nilai strategis," ujarnya.

Dari 262 festival tersebut, 35 festival di antaranya bakal digelar di Bogor, Sukabumi, Cianjur, dan Depok. Sebanyak 14 festival lainnya digelar di Purwakarta, Subang, Karawang, dan Bekasi.

"Lalu 66 event lainnya digelar di Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu dan sisanya 147 event digelar di Bandung Raya dan Priangan Timur," papar Dedi.

Selain itu, sebanyak enam festival di Jabar juga masuk ke dalam 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 1019, yakni Asia Afrika Festival, Mizan Al Sufi, Pesona Budaya Garut, Ciletuh Geopark Festival, Tour de Linggarjati, dan Festival Budaya Cirebon.

Dedi menambahkan, melalui gelaran festival tersebut, pihaknya menargetkan 48 juta wisatawan nusantara dan 1,8 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Jabar tahun ini dengan kisaran produk domestik regional bruto (PDRB) sebesar Rp43,5 triliun yang akan meningkat secara bertahap hingga 2023 mendatang.

"Tahun ini pertama kalinya West Java Calendar of Event diluncurkan sebagai upaya penguatan daya tarik wisata dan upaya pencapaian target kinerja pariwisata Jabar," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4826 seconds (0.1#10.140)