alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

7 Kecelakaan Maut di Tol Cipali Sepanjang Januari-Juni 2019

Dzikry Subhanie
7 Kecelakaan Maut di Tol Cipali Sepanjang Januari-Juni 2019
Ilustrasi/SINDOnews

JAKARTA - Januari hingga Juni 2019 ini, kecelakaan maut kerap terjadi di  Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat. Kecelakaan itu merenggut korban jiwa dan juga menyebabkan korban luka-luka.

Dalam rangka HUT ke-7 SINDOnews, berikut kami sajikan tujuh peristiwa kecelakaan maut di tol sepanjang 116 km yang membentang antara Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat ini.

1.  Minibus Tabrak Truk Kontainer, 1 Tewas
Ilustrasi SINDOnews
Sabtu (5/1/2019), sebuah minibus travel dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah terguling seusai menabrak truk kontainer di KM 87 Tol Cipali. Akibatnya, satu penumpang tewas dan empat luka-luka.



Kecelakaan berawal saat minibus travel bernomor polisi B 7628 FAA melaju kencang dan menabrak truk kontainer yang ada di depannya. Benturan keras itu menyebabkan bagian depan dan atas minibus ringsek.

Satu orang tewas yakni Rubinah (59), warga Kampung Purwosari RT 03/01, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Korban meninggal di lokasi kejadian. Sementara empat penumpang lainnya terluka. Kasus ini ditangani petugas Unit Laka Satlantas Polres Subang.

2. Elf Tabrak Fuso, 5 Nyawa Melayang
Korban Elf tabrak Fuso. Foto/Istimewa
Petugas medis Ramah Sakit MH Thamrin Purwakarta menangani salah satu korban kecelakaan lalu lintas di Tol Cipali. Foto/Istimewa

Kasus tabrak belakang di ruas Tol Cipali, Jawa Barat, pada 3 Maret 2019 malam menelan korban jiwa. Kali ini, lima orang tewas dan 10 lainnya luka-luka akibat Mitsubishi Elf E 7027 KA menabrak bagian belakang truk Fuso BE 9069 QC di KM 78.300 Jalur A  (Cikopo arah Palimanan), Kampung/Cimahi, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

Kecelakaan itu berawal saat mobil elf sarat penumpang yang dikemudikan Hadi Kusno melaju dari Cikopo, Purwakarta menuju Palimanan, Cirebon di lajur 1. Tepat di lokasi kejadian, kendaraan itu tak bisa menjaga jarak aman begitu ada mobil lain di depannya. Elf ini pun akhirnya menabrak bagian belakang truk Fuso yang dikemudikan Sodikin.

Kecelakaan ini menewaskan lima orang yakni Hadi Kusno (43), Istikoming (48), Muhasim (85), Muslikhah (59), dan Sunardi (45). Semua korban adalah warga Brebes, Jateng.

3. Tiga Mobil Tabrakan, 4 Orang Tewas
Ilustrasi tiga mobil tabrakan
Tiga kendaraan yakni Honda CRV nopol B 114 BIL, Mitsubishi Pajero D 1537,  dan Toyota Hiace B 7264 AW terlibat kecelakaan maut di Kilometer (KM) 138 jalur A Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di wilayah hukum Polres Indramayu, Selasa (23/4/2019) siang.

Akibat kecelakaan tersebut, empat orang meninggal dunia, empat luka berat, dan 5 luka ringan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Muhammad Aris mengatakan, tiga kendaraan yang terlibat kecelakaan melaju dari arah Cikopo menuju Palimanan. Setibanya di lokasi kejadian, kata Aris, diduga pengemudi kendaraan Honda CRV, Kusno Sujarwasi, warga Desa Gunungtiga, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, tak mampu menguasai kendaraannya. Akibatnya, Honda CRV menabrak bagian belakang Mitsubishi Pajero.

Setelah itu, Honda CRV oleng ke kiri menabrak petugas maintance yang sedang melaksanakan babat rumput di row jalan. Kemudian Pajero oleng ke sebelah kanan dan menyeberang jalur ke jalur A menabrak kendaraan Toyota Hiace. Kemudian Pajero terbalik di lajur 1.

4. Innova Hantam Truk, Warga Bogor dan Cipinang Tewas
Petugas PJR Satlantas Polres Indramayu memeriksa kondisi bangkai minibus yang terlibat kecelakaan di Tol Cipali. Foto/iNews
Petugas PJR Satlantas Polres Indramayu memeriksa kondisi bangkai minibus yang terlibat kecelakaan di Tol Cipali. Foto/iNews

Kecelakaan maut terjadi di ruas Tol Cipali, tepatnya di Kilometer (KM) 126, perbatasan Subang-Indramayu, Jumat (3/5/2019) pagi. Minibus Kijang Innova B 1779 EMV menabrak truk yang ada di depannya. Dalam peristiwa itu, pengemudi dan penumpang minibus tewas seketika di lokasi tempat kejadian (TKP).

Informasi yang dirangkum, minibus ditengarai melaju dengan kecepatan tinggi dari arah Cirebon menuju Jakarta. Saat di TKP, minibus menabrak truk yang berada di depannya. Kerasnya benturan membuat bagian depan minibus ringsek dan mengakibatkan penumpang dan pengemudinya tewas. Sementara, truk yang ditabrak langsung tancap gas melarikan diri.

Identitas kedua korban tewas diketahui bernama Fera Muhammad Balwel (44) warga Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor dan Rayid (51), warga Cipinang Besar, Jakarta Timur. Kasus kecelakaan maut itu ditangani Unit Laka Satlantas Polres Indramayu.

5. Ertiga Tabrak Tronton, Dua  Tewas
Ilustrasi SINDOnews
Dua penumpang Suzuki Ertiga bernopol R 8659 BK tewas setelah kendarannya menabrak truk tronton bernopol BE 9296 AE di KM 120 Tol Cipali, tepatnya Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Jumat (24/5/ 2019) dini hari.

Kedua korban bernama Heri (54) dan Jawahir (41), warga Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kecelakaan bermula saat minibus Suzuki Ertiga yang ditumpangi korban melaju dengan kecepatan tinggi di jalur B arah Cirebon menuju Jakarta. Setibanya di lokasi kejadian diduga pengendara minibus kurang antisipasi kendaraan lain di depannya yang melaju di jalur lambat, sebelum akhirnya menabrak truk tersebut dari belakang.

6. Tiga Mobil Terlibat Kecelakaan, 1 Orang Tewas
Istimewa
Foto/Istimewa

Tiga kendaraan minibus  terlibat kecelakaan beruntun di MK 119+200 jalur A Tol Cikopo-Palimenan (Cipali), wilayah Kabupaten Purwakarta, Minggu (2/6/2019) siang.

Tiga kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah Toyota Agya B 1431 FOT, Toyota Avanza F 1772 NK, dan Honda Accord B 2387 STG. Akibat peristiwa itu, satu orang meninggal dunia dan satu luka berat.

Kronologi kecelakaan itu, ketiga kendaraan melintas dari arah Cikampek menuju Palimanan. Saat tiba di Km 119+200 jalur A, pengemudi dari kendaraan Honda Accord diduga mengantuk sehingga pengemudi hilang kendali. Kemudian kendaraan tersebut menabrak bagian belakang Toyota Avanza. Setelah itu mobil Honda Accord menabrak mobil Toyota Agya.

Posisi akhir mobil Agya berada di antara lajur 2 dan bahu dalam. Sedangkan mobil Avanza berada di bahu luar, dan Honda Accord berada di median. Semua kendaraan posisi normal menghadap timur.

7. Bus Hilang Kendali Tabrak 3 Mobil, 12 Tewas
Kecelakaan beruntun melibatkan sebuah bus sarat penumpang terjadi di ruas Tol Cipali KM 151 arah Jakarta, Senin (17/6/2019) dini hari ini. Foto: @TMCPoldaMetro
Foto/Istimewa/@TMCPoldaMetro

Kasus kecelakaan maut di Tol Cipali yang menimbulkan banyak korban jiwa terjadi pada Senin (17/6/2019) dini hari. Korban merupakan penumpang bus, Innova, dan Xpander.

Kecelakaan maut di KM 150+900 wilayah Majalengka tersebut melibatkan empat kendaraan. Antara lain, bus bernopol H 1469 CB, Mitsubishi Xpander, Toyota Innova B 168 DIL, dan Mitsubishi truk R 1436 ZA.

Kecelakaan berawal ketika bus melaju kencang dari arah Jakarta menuju ke Cirebon atau jalur A.  Lantaran adanya upaya merebut kemudi oleh seorang penumpang yang belakangan diketahui bernama Amsor, bus sarat penumpang itu melaju tak terkendali. Bus menerobos median jalan lalu menyeberang ke jalur B dan menabrak kendaraan lain, Mitsubishi Xpander, Toyota Innova, dan truk.

Kecelakaan tersebut menewaskan 12 orang dan puluhan lainnya luka-luka. Kasus ini ditangani Polres Majalengka. (Baca juga: Ini Identitas 12 Korban Tewas Kecelakaan di Tol Cipali).



(zik)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif