Majalengka Diguncang Gempa Tektonik 2,6 SR

Selasa, 25 Juni 2019 - 08:40 WIB
Majalengka Diguncang Gempa Tektonik 2,6 SR
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) mencatat terjadinya gempa bumi tektonik berkekuatan 2,6 skala richter (SR) di Majalengka, Jawa Barat pada pukul 00.56.16 WIB, Selasa (25/6/2019).

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan, analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M 2.6 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.71 LS - 108.29 BT. Gempa tepatnya berada di darat pada jarak 17 km Timur Laut Majalengka dengan kedalaman 56 Kilometer.

"Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah tersebut," beber dia dalam keterangan persnya, Selasa (25/6/2019).

Dia menjelaskan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Cirebon dengan Skala Intensitas II - III MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Hendro.

Menurut dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.

Dia meminta, pastikan informasi resmi gempa bumi dengan skala magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.6976 seconds (0.1#10.140)