alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Selain Bandung, Deklarasi Tolak Kerusuhan Juga Digelar di Ciamis

Agus Warsudi
Selain Bandung, Deklarasi Tolak Kerusuhan Juga Digelar di Ciamis
Ribuan warga Ciamis memadati alun-alun untuk mengikuti acara Gebyar Perdamaian HUT ke-73 Bhayangkara. Foto/Istimewa/Humas Polda Jabar

CIAMIS - Selain di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, deklarasi tolak kerusuhan juga digelar di Alun-alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Minggu (23/6/2019).

Kegiatan bertajuk "Gebyar Perdamaian" yang digelar Polres Ciamis untuk memeriahkan peringatan HUT ke-73 Bhayangkara tersebut diawali dengan senam bersama.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Bismo Teguh Prakoso memimpin kegiatan yang diikuti oleh sekitar 1.500 warga Kabupaten Ciamis dan sekitarnya. Keluarga besar Polres Ciamis, sanggar senam se-Kabupaten Ciamis, komunitas sepeda, anggota ormas dan LSM, dan elemen mahasiswa.



Tampak hadir dalam acara itu, Bupati Ciamis Herdiat S, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab Ciamis, Kepala BNNK Ciamis AKBP Satya Nagara, dan pejabat di lingkungan Pemkab Ciamis.

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKPB Bismo Teguh Prakoso mengatakan, dengan semangat perdamaian, mari rajut dan pertahankan persatuan serta kesatuan masyarakat Ciamis.

"Pesta demokrasi telah berjalan lancar dan kondusif. Karena itu, kondusivitas harus tetap dijaga. Jangan terpengaruh hoaks dan adu domba pemecah persatuan dan kesatuan bangsa," kata Bismo.

Seusai sambutan Kapolres, Bupati Ciamis Herdiat S dan unsur Forkopimda membacakan deklrasi menolak kerusuhan, diikuti oleh masyarakat.

Empat poin deklarasi tolak kerusuhan tersebut:
1. Kami, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, dan masyarakat, siap merajut kesatuan dan persatuan bangsa guna mewujudkan perdamaian.
2. Menolak segala tindakan yang dapat menimbulkan kerusuhan dan perpecahan.
3. Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan keamanan masyarakat dan keselamatan lalu lintas.
4. Siap menjadi pelopor persatuan dan kebhinekaan.

Sementara itu, untuk memeriahkan peringatan HUT ke-73 Bhayangkara, Polres Ciamis menggelar acara olahraga dan jalan sehat bersama unsur Forkopimda, TNi, dan masyarakat di depan Pendopo Kabupaten Kuningan.



(awd)