Puluhan Warga Cianjur Keracunan, 2 Meninggal

Minggu, 23 Juni 2019 - 06:23 WIB
Puluhan Warga Cianjur Keracunan, 2 Meninggal
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
CIANJUR - Keracunan massal dialami puluhan warga Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat. Mereka keracunan seusai menyantap ikan pindang yang dibeli saat acara perpisahan dan kenaikan kelas, Jumat (21/6/2019).

Informasi yang dirangkum, para warga mulai berdatangan ke Puskesmas Sindangbarang sejak Jumat malam. Mereka mengalami gejala mual, muntah disertai diare. Pada Jumat siang hari, para warga ini menyantap ikan pindang yang dijual pedagang dalam acara perpisahan dan kenaikan kelas tersebut.

Dalam perawatan, dua orang meninggal dunia. Keduanya adalah Riandini, bocah 11 tahun asal Kampung Cisireum, Desa Jayagiri, Kecamatan Sindang Barang, Cianjur. Bocah itu sempat kritis hingga mengembuskan napas terakhir. Korban kedua adalah Ahmad Sadili (56).

Dokter Puskesmas Sindang Barang Wulan Afriani mengatakan, ada 40 pasien keracunan yang menjalani perawatan. Dia mengatakan, sudah 30-an pasien yang diperbolehkan pulang, sedangkan delapan lainnya menjalani rawat inap. Hasil diagnosa, pasien mengalami gejala keracunan.

"Kami juga sudah menugaskan tim untuk turun lapangan jika ada warga yang mengalami gejala namun tak datang ke puskesmas," katanya, Sabtu (22/6/2019).

Kasus keracunan yang masuk kategori kejadian luar biasa (KLB) masih dalam penyelidikan polisi. Petugas telah mengamankan pedagang ikan pindang dan juga meminta keterangan sejumlah saksi. Selain itu, petugas juga masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap ikan pindang untuk pengembangan penyelidikan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.8033 seconds (0.1#10.140)