Ridwan Kamil Terima Kunjungan Timnas U-15

Sabtu, 22 Juni 2019 - 14:55 WIB
Ridwan Kamil Terima Kunjungan Timnas U-15
Gubernur Jabar Ridwan Kamil asyik mengobrol dengan Timnas U-15 di rumah dinasnya, Sabtu (22/6/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan Tim Nasional (Timnas) U-15 yang akan menjadi duta bangsa mewakili Indonesia di kompetisi U-15 Iber Cup Estoril 2019 di Portugal.

Pertemuan yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Negara Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Sabtu (22/6/2019) itu berlangsung dalam suasana hangat dan cair. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil pun tampak asyik mengobrol dengan seluruh anggota tim.

Timnas U-15 yang beranggotakan 22 anak yang berasal dari Aceh hingga Papua itu merupakan hasil seleksi dari sekitar 8.000 anak di seluruh Indonesia. Mereka kemudian melaksanakan pemusatan pelatihan di Pusat Pendidikan Jasmani (Pusdikjas) TNI AD di Kota Cimahi. (Baca Juga: Tim Pelajar U 15 Kemenpora Gelar Uji Coba di Pusdikjas Cimahi
Timnas U-15 akan berkompetisi di Iber Cup, sejenis Piala Dunia untuk usia 15, pada 1-6 Juli 2019 mendatang di Estoril, Portugal dan dijadwalkan berangkat pada 25 Juni 2019.

Emil berharap, melalui kompetisi tersebut, para pemain bisa mendapatkan pengalaman banyak tentang persepakbolaan dunia, khususnya di Eropa. Sehingga, mereka akan memahami kompetisi sepak bola di level dunia yang lebih ketat. "Bukan soal menang kalahnya, tapi exposure terhadap kompetisi kelas dunianya," katanya.

Selain itu, melalui kompetisi, Timnas U-15 juga bisa mencoba melakukan pendekatan dengan beberapa klub sepak bola ternama di Eropa. Menurut Emil, ada beberapa klub Eropa yang sudah dihubungi, seperti Real Madrid, Barcelona, Ajax Amsterdam, dan lainnya.

"Tim akan mem-follow up ke klub-klub (sepak bola) Eropa. Ada beberapa anak yang mungkin bisa kita titipkan untuk bersekolah sepak bola di klub Eropa," jelasnya.

Suatu hari, lajut Emil, anak-anak itu ini akan menjadi cikal bakal Timnas Indonesia yang semakin hari harus semakin luar biasa. "Saya mengapresiasi dan mendukung, dan sedikit memberikan nasihat," lanjutnya.

Emil berpesan, seluruh anggota Timnas U-15 yang merupakan para pelajar ini terus bekerja keras bila ingin berkarier di dunia sepak bola. Bagi Emil, sepak bola adalah refleksi pelajaran kehidupan. "Makna atau pelajaran yang bisa kita ambil dari sepak bola yakni kalau ingin sukses dalam hidup harus kerja keras, kalau ingin juara dalam sepak bola harus berkeringat," pesannya.

Kedua, karena sepak bola adalah olahraga kebersamaan, maka harus toleransi. "Tidak bisa kita gocek bola sendiri dari ujung sampai gawang," kata Emil.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4406 seconds (0.1#10.140)