alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Parkir Sembarangan di Bandung Diancam Denda Rp250.000

Agus Warsudi
Parkir Sembarangan di Bandung Diancam Denda Rp250.000
Salah satu kendaraan yang parkir di sembarang tempat di Kota Bandung, Jawa Barat, ditindak petugas. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Siapa pun yang nekat parkir sembarangan di Kota Bandung, Jawa Barat terutama di kawasan terlarang seperti Jalan RE Martadinata, Ir H Djuanda (Dago), Purnawarman, dan Dr Djunjunan (Pasteur), diancam sanksi tilang dan denda Rp250.000.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas (Wakasatlantas) Polrestabes Bandung Bayu Catur Prabowo mengatakan, dasar hukum penerapan denda maksimal Rp250.000 kepada pelanggar parkir liar itu adalah Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Beberapa pasal di dalam undang-undang itu mengatur tentang sanksi, termasuk denda.

"Penerapan sanksi nanti diputuskan di pengadilan. Kami harapkan putusan pengadilan menjatuhkan sanksi denda maksimal sebesar Rp250.000. Ketertiban Kota Bandung ini harus dipaksakan tertib, caranya itu dengan penerapan benda maksimal sehingga masyarakat akan berpikir ulang untuk parkir di sembarang tempat," kata Bayu di sela razia di Jalan RE Martadinata, Kamis (20/6/2019).



Razia parkir liar, ujar Bayu, terutama di Jalan RE Martadinata dan Purnawarman terus dilakukan. Kegiatan ini melibatkan personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Untuk kegiatan razia hari ini, petugas gabungan kembali mendapati kendaraan yang parkir di bahu jalan. Sopir kendaraan yang parkir sembarangan itu dikenai sanksi tilang. Sedangkan kendaraan yang ditinggalkan pemiliknya di tepi jalan digembosi bannya hingga kempis.

"Razia parkir liar di seputaran Kota Bandung ini sudah berjalan hampir satu bulan. Sudah ada penurunan kasus kendaraan parkir di rambu larangan dari awal pertama kami melakukan penindakan itu per hari bisa 80 tilang yang kami keluarkan. Namun sampai kemarin, sudah ada penurunan hanya 40 kendaraan yang ditilang. Jadi ada penurunan 50%," ujarnya. (Baca juga: Parkir Sembarangan di Bandung, Pengemudi Alphard 'Dihadiahi' Surat Tilang).



(zik)