TMMD Digelar di 4 Daerah, TNI Perkokoh Kemanunggalan dengan Rakyat

Kamis, 20 Juni 2019 - 10:36 WIB
TMMD Digelar di 4 Daerah, TNI Perkokoh Kemanunggalan dengan Rakyat
Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo saat rakornis TMMD ke-105 di Makodam Siliwangi. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) kembali melaksanakan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 2019.

Di wilayah Kodam III/Siliwangi, kegiatan TMMD yang ke-105 ini, akan dilaksanakan di empat daerah, tiga kabupaten dan satu kotamadya.

Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati mengatakan, keempat daerah yang menjadi lokasi pelaksanaan TMMD ke-105 itu antara lain, Kabupaten Karawang, Sumedang, Majalengka, dan Kota Sukabumi.

"TMMD merupakan program membantu pemerintah daerah dalam konteks pembangunan daerah. Dalam konteks pertahanan, TMMD mengokohkan kemanunggalan TNI dengan rakyat," kata Dwi saat paparan rakornis di Makodam Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (20/6/2019).

Pemilihan keempat daerah itu, ujar Dwi, seusai usulan daerah yang secara garis besar membutuhkan pembangunan infrastruktur dan non-infrastruktur.

"TMMD operasi bakti TNI akan didukung anggaran dan sarana prasarana dari Mabes TNI. Tahun ini alokasi di Jabar hanya empat," ujar Kasdam.

Kasdam menuturkan, tahun ini, Provinsi Banten tidak mendapatkan alokasi program TMMD. "Daerah lain tidak ada TMMD, seperti Banten atau kabupaten dan kota lain di Jabar. Untuk daerah lain nanti akan dilaksanakan kegiatan perimbangan dengan program Satata Sariksa," tutur Kasdam.

Kegiatan perimbangan program Satata Sariksa, tutur Dwi, harus dibesarkan. Perbedaan antara TMMD dengan Satata Sariksa adalah, tidak ada anggaran dari Mabes TNI. Sehingga Satata Sariksa harus dikoordinasikan dengan sinergitas di daerah masing-masing.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0568 seconds (0.1#10.140)