Jabar Ingin Bangun Kompleks Olahraga seperti Jakabaring

Selasa, 21 Agustus 2018 - 14:04 WIB
Jabar Ingin Bangun Kompleks Olahraga seperti Jakabaring
Pj Gubernur Jabar Mochamad Iriawan. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Kompleks olahraga terpadu Jakabaring Sport Center di Palembang, Sumatera Selatan, yang kini digunakan sebagai venue Asian Games 2018 mengilhami Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan untuk membangun kompleks serupa di Jabar.

Diketahui, perhelatan Asian Games 2018 dipusatkan di Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno, DKI Jakarta dan Jakabaring Sport Center, Palembang, serta sebagian kecil lainnya digelar di sejumlah venue yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Jabar.

Keinginan Iriawan untuk membangun kompleks olahraga seperti Jakabaring Sport Center tersebut, juga tak lepas dari tidak tercantumnya Jabar dalam tata nama (nomenklatur) Asian Games 2018 Jakarta Palembang.

Diketahui, Iriawan mengaku telah bertemu Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir saat Upacara Pembukaan Asian Games 2018, beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan tersebut, kata Iriawan, Erick Thohir menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Jabar karena tidak bisa mencantumkan Jabar dalam nomenklatur Asian Games 2018.

"Kalau di Jakarta memang semua cabor (cabang olahraga) dipertandingkan di Jakarta dan Palembang di Jakabaring. Satu kesatuan semua (dipusatkan) di sana (Jakabaring). Kalau di Jawa Barat kan ada di Bandung, Purwakarta, Subang, kemudian Majalengka, Bekasi, dan tidak mungkin disebutkan kota semuanya. Jadi, itu kira-kira penjelasan dari Pak Erick Thohir," papar Iriawan di Bandung, Selasa (21/8/2018).

Berkaca pada hal tersebut, lanjut Iriawan, pihaknya memiliki gagasan untuk membangun kompleks olahraga terpadu tersebut. Bahkan, untuk menunjukkan keseriusannya, Iriawan akan segera berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait serta berkomunikasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi untuk mewujudkan gagasannya itu.

"Berangkat dari pengalaman ini, kemarin saya berpikir kenapa kita tidak buat satu gelanggang olahraga yang terkonsentrasi semuanya ada di situ, seperti Jakabaring di Palembang. Kenapa Palembang bisa, tapi Jawa Barat belum bisa?" ujarnya dengan nada tanya.

Terlebih, tambah Iriawan, Jabar pun telah memiliki sejumlah stadion sepak bola yang cukup besar, seperti Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung dan Stadion Si Jalak Harupat (SJA) di Kabupaten Bandung.

"Padahal Gelora Bandung Lautan Api cukup besar, kemudian Jalak Harupat cukup besar untuk menampung cabor-cabor yang ada. Sehingga, kalau mungkin nanti ada Olimpiade, kita juga bisa mengusulkan ada nama (Jabar) di antara Kota Jakarta, itu gagasan saya," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5980 seconds (0.1#10.140)