Pasokan Berkurang, Harga Ikan Laut di Indramayu Melonjak

Selasa, 24 Juli 2018 - 11:28 WIB
Pasokan Berkurang, Harga Ikan Laut di Indramayu Melonjak
Pasar Ikan Kota Indramayu. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
INDRAMAYU - Harga ikan laut di sejumlah pasar ikan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melonjak hingga 80 persen. Naiknya harga ikan laut karena minimnya pasokan dari para nelayan pantura sejak satu bulan terakhir.

Pantauan di Pasar Ikan Kota Indramayu, Selasa (24/7/2018), tidak seramai biasanya. Pasokan ikan dari nelayan setempat sejak satu bulan terakhir semakin sulit dan menipis. Hal ini karena nelayan tidak berani melaut lantaran gelombang tinggi.

Para penjual ikan laut pun terpaksa menjual ikan yang seadanya dengan harga yang lebih mahal. Harga ikan tongkol biasa dijual Rp20 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp30 ribu. Harga ikan kakap merah juga naik dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram.

Selain harga ikan tongkol dan kakap merah, harga cumi, bandeng, bawal, dan ikan kembung juga mengalami kenaikan rata-rata Rp5 ribu per kilogram.

Naiknya harga ikan dikeluhkan para konsumen. Atun, seorang konsumen, mengaku hanya mampu membeli setengah kilogram ikan. Padahal, saat harga normal, dia biasa membeli satu kilogram ikan.

Menurut Saena, salah satu pedagang, selama harga ikan laut naik yang berujung sepinya pembeli, mereka mengalami penurunan omzet hingga 50 persen.

Para pedagang berharap cuaca buruk berangsur normal kembali agar nelayan bisa kembali melaut dan pasokan ikan melimpah sehingga harga kembali turun.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2186 seconds (0.1#10.140)