Plus Minus Rencana Pertemuan Rutin Bupati Majalengka dengan Parpol

Sabtu, 15 Juni 2019 - 12:24 WIB
Plus Minus Rencana Pertemuan Rutin Bupati Majalengka dengan Parpol
Bupati Majalengka Karna Sobahi. Foto/Dok SINDOnews
A A A
MAJALENGKA - Rencana Bupati Majalengka Karna Sobahi untuk menggelar pertemuan rutin dengan pimpinan parpol dinilai bisa merekatkan hubungan kedua pihak. Di sisi lain, rencana itu juga dinilai bisa membuat parpol beserta wakilnya di legislatif cenderung 'bersahabat' alias tak lagi kritis.

"Kontrol dari parpol terhadap eksekutif semakin tumpul terkikis pendekatan eksekutif yang melemahkan nalar kritis analitisnya," kata Dosen Sospol Universitas Majalengka (UNMA) Diding Badjuri kepada SINDOnews, Sabtu (15/6/2019).

Kendati demikian, jelas dia, rencana itu juga bisa menimbulkan dampak positif. Lancarnya komunikasi menjadi harapan yang bisa terwujud dari pertemuan rutin itu. "Secara positif menjadi media komunikasi politik yang efektif untuk menyampaikan ide dan gagasan. Dapat pula dijadikan ruang menyelesaikan masalah akibat kebekuan atau sumbatan komunikasi," jelas dia.

Menurutnya, sinergitas Pemkab Majalengka hendaknya bukan hanya dengan legislatif atau parpol nonparlemen. Sinergitas harus diperluas dengan stakeholder lainnya, misalnya dengan PT (Perguruan Tinggi), organisasi profesi, dan LSM. "Contoh, seingat saya sejak beliau jadi bupati belum berkesempatan memenuhi undangan UNMA secara langsung," kata Diding.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Majalengka Karna Sobahi berinisiatif mengagendakan pertemuan rutin kepala daerah dengan pimpinan parpol. Pertemuan itu akan rutin digelar satu kali dalam tiga bulan. (Baca Juga: Bangun Sinergitas, Bupati Majalengka Juga Rangkul Pimpinan Parpol(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0846 seconds (0.1#10.140)