Ini Perbedaan dan Persamaan Lapas Sukamiskin dengan Gunung Sindur

Jum'at, 14 Juni 2019 - 23:52 WIB
Ini Perbedaan dan Persamaan Lapas Sukamiskin dengan Gunung Sindur
Suasana di Lapas Gunung Sindur, Bogor. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Terdapat perbedaaan besar antara Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung dengan Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Salah satunya adalah sistem pengamanan yang sangat ketat. Wajar, sebab, Lapas Gunung Sindur sebagian besar dihuni oleh warga binaan atau narapidana kasus terorisme.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak mengatakan, Lapas Gunung Sindur menerapkan maximum security. Di Lapas Gunung Sindur kamar para napi belum tentu dibuka tiap pagi. Petugas keamanan lapas harus melihat dulu kondisi napi.

"Di Lapas Gunung Sindur super ketat. Di sana diterapkan maximum security. Kalau di Lapas Sukamiskin kan tiap pagi dibuka, warga binaan bisa bersosialisasi, di sana (Gunung Sindur) belum tentu," kata Liberty di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Bandung Jumat (16/6/2019) malam.

Meski berbeda, namun ada persamaan antara Lapas Sukamiskin dengan Gunung Sindur. Kedua lapas itu sama-sama menerapkan satu kamar satu tahanan.

Setiap warga binaan bisa keluar masuk sel namun tetap berada di lingkungan Lapas Sukamiskin. Menjelang malam, pintu dibuka dan semua warga binaan harus kembali masuk kamar.

Diketahui, terpidana korupsi KTP elektronik Setya Novanto alias Setnov dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur Jumat (14/6/2019) malam ini. Pemindahan itu dilakukan setelah beredar foto Setnov bersama istrinya tengah berada di sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. (BACA JUGA: Setnov Dikabarkan ke Toko Bangunan di Padalarang )

Liberty mengatakan Setnov meminta izin keluar lapas pada 12 Juni karena dokter Lapas Sukamiskin merekomendasikan untuk rawat inap. Itupun dikawal petugas lapas dan polisi. Setnov baru kembali ke Lapas Sukamiskin malam ini pukul 19.00.

"Tanggal 12 Juni, saya sempat cek ke RS Santosa. Dia memang ada, kondisinya diinfus di lengan kanan. Dia baru kembali hari ini, lalu saya dapat laporan dia ke Padalarang. Setibanya di Lapas Sukamiskin langsung kami periksa, BAP. Kemudian langsung kami pindah ke Lapas Gunung Sindur," ujar Liberty.

Ditanya soal kebenaran Setnov bersama istrinya plesiran ke toko bangunan, ia belum bisa memastikan. "Belum bisa dipastikan, sekarang tunggu pemeriksaan," tutur dia. (BACA JUGA: Ketahuan Plesiran, Setnov Dipindahkan ke Gunung Sindur )
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8064 seconds (0.1#10.140)