alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ketahuan Pelesiran, Setnov Dipindahkan ke Gunung Sindur

Agus Warsudi
Ketahuan Pelesiran, Setnov Dipindahkan ke Gunung Sindur
Setnov saat hendak memasuki ambulans yang akan membawanya ke Lapas Gunung Sindur. Foto/Istimewa

BANDUNG - Terpidana korupsi e-KTP, Setya Novanto akhirnya dipindahkan dari Lapas Sukamiskin ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, malam ini. Mantan Ketua DPR RI itu dipindahkan lantaran tepergok pelesiran ke sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat (14/6/2019) siang.

Novanto dipindahkan menggunakan mobil ambulans. Sekitar pukul 22.30 WIB, mobil ambulans yang membawa Novanto keluar dari Lapas Sukamiskin. Tidak banyak barang bawaan yang ia bawa, tampak seorang petugas hanya membawa satu tas jinjing dan langsung masuk ke mobil ambulans Lapas Sukamiskin.

"Malam ini Setya Novanto dipindah ke Lapas Gunung Sindur supaya pengamanannya super maksimum karena menurut saya ini perlu dilakukan. Di Laps Gunung Sindur pengamanan ekstra ketat, mayoritas warga binaan kasus terorisme," ujar Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Liberti Sitinjak di Lapas Sukamiskin Bandung, Jalan AH Nasution, Kota Bandung, Jumat (14/6/2019) malam.



Liberti tak memungkiri pemindahan Setnov ke Lapas Gunung Sindur berkaitan dengan beredarnya foto Setnov bersama istrinya di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Jumat siang tadi.

Namun, dia membantah pemindahan terkait akumulasi dari kejadian-kejadian sebelumnya, seperti Setnov berada di rest area KM 97 dan di sebuah rumah makan padang dekat RSPAD Gatot Soebroto. "Pemindahan murni karena kejadian hari ini. Itu yang mendasari keputusan saya malam ini," ujar dia.

Menurut Liberti, pihaknya perlu mengambil tindakan tegas terhadap narapidana kasus korupsi e-KTP itu. Menurutnya, perbuatan Novanto pelesiran merupakan salah satu pelanggaran berat.

"Ini murni peristiwa hari ini yang mendasari saya mengambil keputusan malam ini juga. Ini tindakan yang harus saya lakukan sebelum saya melaporkan kepada Pak Menteri," tutur Liberty.

Saat ini pengawal yang mendampingi Setnov tengah menjalani pemeriksaan terkait kabar napi korupsi plesiran ke toko bahan bangunan. Sedangkan Setnov akan diperiksa saat di Lapas Gunung Sindur.

"Selasa atau Rabu sudah selesai pemeriksaan sehingga kami mengetahui benang merahnya di mana. Atas nama Kemenkum HAM, saya mohon maaf kepada publik, bahwa apa yang terjadi hari ini adalah murni kesalahan kami dan sebagai konsekuensi dari kelalaian, pemeriksaan sedang kami lakukan," tegas Liberti.

Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepala memakai topi hitam, dan wajah ditutup masker. Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas merah.

Setnov izin keluar Lapas Sukamiskin pada 12 Juni 2019 lalu untuk berobat rawat inap di RS Santosa Bandung. Dia seharusnya kembali pada Jumat (14/6/2019) sekitar pukul 19.00.

Setelah Setnov tiba di Lapas Sukamiskin, pihak Kanwil Kemenkum HAM Jabar langsung melakukan pemeriksaan terhadap mantan politisi Partai Golkar itu.

"Dia tiba malam ini pukul 19.00 WIB. Langsung kami periksa, di BAP. Enggak perlu menunggu BAP selesai, kami langsung pindahkan ke Lapas Gunung Sindur, pemeriksaan bisa dilanjut di sana," ungkap Liberti. (BACA JUGA: Setnov Dikabarkan ke Toko Bangunan di Padalarang)



(awd)