Waduk Jatiluhur Bakal Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Air Unggulan

Jum'at, 14 Juni 2019 - 21:18 WIB
Waduk Jatiluhur Bakal Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Air Unggulan
Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata air unggulan Jawa Barat. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat siap mengembangkan kawasan wisata air di Waduk Jatiluhur yang telah disepakati Pemprov Jabar dan Perum Jasa Tirta (PJT) II.

Kepala Disparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan, pihaknya siap mengubah wajah waduk yang berlokasi di Kabupaten Purwakarta itu. Menurut Dedi, waduk yang selama ini dimanfaatkan untuk sport tourism itu berpotensi dikembangkan menjadi destinasi wisata air unggulan di Jabar.

"Beberapa tahun lalu, waduk itu dirancang untuk sport tourism, seperti aku air. Nah sekarang kita akan manfaatkan untuk wisata selain sport tourism," kata Dedi di Bandung, Jumat (14/6/2019).

Dengan kontur alamnya yang berbukit, kata Dedi, Waduk Jatiluhur pun berpotensi dikembangkan sebagai destinasi wisata selain wisata air, seperti mendirikan venue olahraga paralayang. "Kemudian juga nanti ada rumah makan terapung," sebutnya.

Selain itu, pihaknya pun akan mengembangkan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Waduk Jatiluhur seperti Situ Cipule yang kini kerap digunakan sebagai venue olahraga dayung.

"Kita akan kembangkan di sana sampai ke Muara Gembong ya. Rencananya akan kita bangunkan tahun depan," imbuh Dedi.

Saat ini, lanjut Dedi, pihaknya tengah mengupayakan detail engineering design (DED) kawasan wisata tersebut dengan memadukan konsep pengembangan wisata yang dimiliki Pemprov Jabar dan Perum Jasa Tirta II.

"Kita serasikan mana yang akan kita kembangkan. Salah satunya dalam waktu dekat kan ada dayung sama festival jazz di sana (Jatiluhur). Kami kemarin juga sudah ngobrol-ngobrol dengan dirut (Perum Jasa Tirta II) dimana nanti ada sesuatu yang baru kita angkat budaya-budaya di sana," paparnya.

Disinggung soal investor, Dedi mengatakan, hal itu dapat ditempuh dengan cara kolaborasi, seperti dengan pemerintah daerah setempat.

"Yang paling penting ada action plan, pertama kita inventarisasi dulu aset-aset yang dimiliki Waduk Jatiluhur yang nanti bisa dikerjasamakan," tandasnya.

Sebelumnya, Pemprov Jabar dan PJT II bersepakat mengembangkan sektor pariwisata air sebagai salah satu spot wisata unggulan di Jabar. Kesepakatan tersebut mengacu pada potensi yang dimiliki Jabar dimana Jabar dikenal sebagai daerah dengan jalur hidrologi terbesar di Indonesia karena berlimpahnya sungai, waduk, dan irigasi.

"Yang sama sekali jarang disentuh adalah pariwisata air. Hari ini, pariwisata air ini akan menjadi unggulan," ungkap Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat bertemu jajaran pimpinan PJT II di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata (Ottista), Kota Bandung, Jumat (14/6/2019).
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7811 seconds (0.1#10.140)