Setelah Lebaran, 3.000 Warga Pangandaran Cari Kerja ke Luar Daerah

Jum'at, 14 Juni 2019 - 13:45 WIB
Setelah Lebaran, 3.000 Warga Pangandaran Cari Kerja ke Luar Daerah
Layanan pembuatan kartu pencari kerja di Kabupaten Pangandaran. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Setelah libur Lebaran tahun 2019, warga Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang mencari kerja keluar daerah tercatat 3.000 orang. Pencari kerja asal Kabupaten Pangandaran tersebut terdiri dari lulusan SMA/SMK dan SMP.

"Para pencari kerja rata-rata menuju kota yang ada kawasan industri," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi (Disnakerintrans) Kabupaten Pangandaran Sobar Sugema, Jumat (14/6/2019).

Sobar menambahkan, jumlah 3.000 orang pencari kerja setelah lebaran 2019 tersebut berdasarkan data permohonan pembuatan kartu pencari kerja ke kantor Disnakertrans. "Dinas tidak mencantumkan kota tujuan dalam kartu pencari kerja, sehingga belum bisa terdata kota tujuan," kata Sobar.

Sobar menjelaskan, rata-rata pencari kerja lulusan SMP melamar kerja ke konveksi dan pabrik, sedangkan lulusan SMA/SMK melamar ke perkantoran. "Meningkatnya pembuat kartu pencari kerja lantaran musim libur Lebaran tahun 2019 jarak waktunya tidak jauh dari kelulusan SMA/SMK," jelasnya.

Menurut Sobar, sebelumnya pihaknya pernah menawarkan kerja sama dengan SMA/SMK dalam pembuatan kartu pencari kerja, namun tawaran kerja sama tersebut belum bisa terealisasi. "Padahal jika kerja sama antara SMA/SMK dengan Dinas dalam pelayanan pembuatan kartu pencari kerja akan memudahkan layanan," kata Sobar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0122 seconds (0.1#10.140)