alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dikeluhkan Wisatawan, UPT Kebersihan Angkut Sampah di Situ Ciburuy

Adi Haryanto
Dikeluhkan Wisatawan, UPT Kebersihan Angkut Sampah di Situ Ciburuy
Petugas UPT Kebersihan KBB sedang mengangkut sampah di kawasan objek wisata Situ Ciburuy, Padalarang, Kamis (13/6/2019). Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT - Dinas Lingkungan Hidup melalui UPT Kebersihan Kabupaten Bandung Barat (KBB), akhirnya mengangkut tumpukan sampah di objek wisata Situ Ciburuy, Kamis (13/6/2019).

Pengangkutan sampah yang sudah menggunung di tepi situ (danau) itu dilakukan setelah sempat menjadi sorotan dan muncul dalam pemberitaan SINDOnews.com.

"Hari ini sampah yang ada di Situ Ciburuy sudah diangkut. Petugas dibantu warga diterjunkan ke lokasi untuk menyisir sampah-sampah yang ada," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KBB Apung Hadiat Purwoko kepada SINDOnews, Kamis (13/6/2019).



Sedangkan Kepala UPT Kebersihan pada DLH KBB, Rudi Huntadi mengemukakan, volume sampah usai libur lebaran memang terjadi peningkatan. Itu terjadi hampir di seluruh wilayah KBB termasuk juga di kawasan Situ Ciburuy.

Selain sampah dari masyarakat sekitar, juga ada 'tambahan' sampah yang dibuang oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisaata tersebut.

Dia berkilah, menumpuknya sampah di Situ Ciburuy bukan berarti pihaknya tidak melakukan pengangkutan. Akan tetapi berdasarkan kesepakatan dan permintaan pengelola sampah dalam hal ini RT dan RW setempat, pengangkutan sampah di Ciburuy dilakukan setiap dua minggu satu kali. Oleh sebab itu petugas pengangkutan datang sesuai kesepakatan.

Padahal awalnya, lanjut Rudi, petugasnya biasa melakukan pengangkutan sampah di Ciburuy atau wilayah lainnya seminggu sekali.

Sehingga dengan intensitas waktu pengangkutan yang lebih lama akhirnya membuat sampah di Ciburuy menjadi menumpuk. Jika merunut kepada jadwal, di minggu ini adalah rencana pengangkutan sampah di wilayah Ciburuy dan sekitarnya.

"Jadi pada prinsipnya UPT Kebersihan sudah melaksanakan pengangkutan sesuai permintaan dari pengelola sampah perwakilan warga sekitar," kata dia.

Diketahui pemandangan tidak mengenakan terlihat di objek wisata Situ Ciburuy, di Padalarang, KBB. Penyebabnya karena banyak tumpukan sampah di beberapa titik yang membuat wisatawan merasa jijik dan kehilangan selera berlama-lama di tempat wisata itu.



(awd)