alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Sidang MK, Kapolda Jabar Tidak Lakukan Penyekatan Massa ke Jakarta

Agus Warsudi
Jelang Sidang MK, Kapolda Jabar Tidak Lakukan Penyekatan Massa ke Jakarta
Upacara pemberian penghargaan kepada anggota TNI dan Polri di Mapolda Jabar, Kamis (13/6/2019). Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menuturkan jajarannya tidak akan melakukan penyekatan massa dari Jawa Barat yang hendak berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Rudy yakin, masyarakat Jabar akan menghormati proses hukum yang tengah berjalan di MK.

"Kita enggak usah menyekat. Kalau sudah diimbau, masyarakat menunggu penjelasan dari MK, MK akan berproses sesuai aturan. Kami imbau nggak ada masyarakat (Jabar) yang ke sana (MK)," tutur Rudy seusai menghadiri upacara pemberian penghargaan kepada anggota TNI dan Polri di Mapolda Jabar, Kamis (13/6/2019).

Disingggung ada massa dari Jabar yang bakal ke Jakarta, Rudy mengungkapkan, sampai saat ini tengah dilakukan upaya agar mereka membatalkan rencana itu. "Sampai hari ini kita berupaya agar tidak ada yang ke sana," katanya.



Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono menegaskan, sampai dengan saat ini, soliditas TNI-Polri masih terjaga, siap menjaga keamanan dan kekondusifan Jabar. "Saya jamin soliditas TNI-Polri. Bisa dilihat, sampai saat ini kami selalu bersama di lapangan," tegas Tri.

Tri akan menindak tegas jika ada oknum prajurit TNI yang tidak menjaga soliditas TNI-Polri. "Saya akan menindak tegas oknum TNI yang tidak melaksanakan perintah untuk menjaga soliditas TNI-Polri. Karena kalau kita tidak tegas, itu akan jadi bibit-bibit yang tidak bagus. Kami tetap berusaha dengan Pak Kapolda menjaga Jabar, karena kalau aman, pembangunan lancar," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengimbau masyarakat Jabar tidak ke Jakarta untuk mengikuti unjuk rasa saat sidang gugatan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta pada Jumat 14 Juni 2019. (Baca juga: Ridwan Kamil: Warga Jabar Sebaiknya Tidak Usah ke Jakarta, Serahkan kepada MK).



(zik)