alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Membuat Resah, Warga Ciburuy Tangkap Ular Sanca Kembang 3 Meter

Adi Haryanto
Membuat Resah, Warga Ciburuy Tangkap Ular Sanca Kembang 3 Meter
Warga menangkap ular Sanca Kembang sepanjang lebih dari 3 meter di Situ Ciburuy, Rabu (12/6/2019). Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT - Ular Sanca Kembang sepanjang 3 meter lebih yang meresahkan warga Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), berhasil ditangkap, Rabu (12/6/2019).

Sebelumnya ular ini sudah terlihat oleh warga sekitar sejak tiga bulan lalu. Namun ulah itu tak kunjung berhasil ditangkap sehingga membuat warga resah dan khawatir dipatuk ular tersebut.

Penangkapan ular dilakukan secara dramatis. Warga sempat adu kuat dengan sang ular yang berusaha kabur kembali masuk ke perairan.



Namun warga yang tidak mau buruannya lepas terus menarik ekor ular tersebut untuk keluar dari Situ Ciburuy. Setelah tampak kelelahan dan kepala ular berada di tepian, warga langsung mencekiknya agar tidak menggigit.

"Ular ini sudah tiga bulan terlihat warga. Sebelumnya berada di gorong-gorong dan saat sekarang terlihat, langsung ditangkap karena warga sudah resah," kata warga yang berhasil menangkap Ular Sanca tersebut, Ajat Sudrajat kepada wartawan, Rabu (12/6/2019).

Dia megemukakan, penangkapan ular ini juga dilakukan tidak sengaja. Pasalnya ular tersebut tersangkut mata kail salah seorang warga yang sedang memancing ikan di lokasi objek wisata Situ Ciburuy.

Warga pun sempat kaget karena menyangka mata kailnya dimakan oleh ikan yang besar. Namun saat ditarik terlihat benda yang panjang berwarna loreng dan saat diketahui itu adalah ular dia langsung berteriak minta tolong.

Ajat yang mendengar teriakan tersebut langsung mendatangi lokasi dan melihat ular itu berusaha untuk melepaskan diri dari mata kail.

Tidak mau kehilangan momentum dirinya lantas menarik ekor ular sehingga terlepas dari kail. Di situlah dirinya yang dibantu oleh keponakannya berjibaku untuk melumpuhkan binatang melata yang memiliki kemampuan membunuh dengan cara melilit korbannya.

"Tadi saya dibantu ponakan menangkapnya, karena tenaga ular itu juga cukup kuat. Kalau lepas bisa susah lagi nyarinya," kata pensiunan PNS di Jakarta ini.

Sekarang ular tersebut dimasukan ke dalam karung dan disimpan dalam sebuah ember. Ajat mengaku belum punya rencana akan dikemanakan ular tersebut dan untuk sementara disimpan di rumahnya.

Dirinya juga memperkirakan masih banyak ular-ular lainnya di sekitar Situ Ciburuy sehingga meminta warga khususnya anak-anak untuk berhati-hati ketika bermain di perairan Situ Ciburuy.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif