Ma'ruf Amin Hadiri Halal Bihalal Keturunan Pangeran Leluhur Sumedang

Rabu, 12 Juni 2019 - 20:03 WIB
Maruf Amin Hadiri Halal Bihalal Keturunan Pangeran Leluhur Sumedang
KH Maruf Amin didampingi Komjen Pol Mochamad Iriawan saat menghadiri Halal Bihalal Keluarga Besar Keturunan Pangeran Leluhur Sumedang di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Rabu (12/6/2019). Foto/Istimewa
A A A
SUMEDANG - Sesepuh Sunda yang juga mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ma'ruf Amin (KMA) menghadiri Halal Bihalal Idul Fitri 1440 Hijriah Keluarga Besar Keturunan Pangeran Leluhur Sumedang di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Rabu (12/6/2019).

Kegiatan yang digelar Keluarga Besar Rukun Wargi Sumedang (RWS) dan Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) tersebut digagas oleh Tokoh Budaya Sunda Pangeran Papayung Nagara Komjen Pol Mochamad Iriawan.

Selain Ma'ruf Amin, halal bihalal juga dihadiri para tokoh Tanah Pasundan, Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumedang, trah keluarga Kesultanan Cirebon dan Banten, serta tokoh agama, masyarakat, budayawan dan akademisi.

Komjen Pol Mochamad Iriawan mengatakan, Idul Fitri menjadi momentum yang tepat untuk kembali membangun tali ukhuwah, kebersamaan, gotong royong, toleransi, dan internalisasi identitas keturunan Leluhur Sumedang (Sunda) sebagai ahli waris budaya.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi orang Sunda, Pajajaran, sekaligus keturunan Prabu Siliwangi, karena (Ma'ruf Amin) terpilih sebagai Wapres RI. Sudah lama tidak ada putra Sunda yang manggung di kancah nasional. Terakhir, wapres putra Sunda adalah Pak Umar Wirahadikusumah yang menjabat mulai dari 12 Maret 1983 hingga 11 Maret 1988," tutur Iwan Bule.

Iwan Bule yang juga mantan Penjabat (Pj) Gubernur Jabar itu menambahkan, terpilihnya Ma'ruf Amin juga harus menjadi momentum bagi warga Jabar untuk bersatu. "Ini tonggak sejarah, sehingga membuat orang Sunda bersatu," katanya.

Iwan Bule juga menilai, Ma'ruf Amin sebagai sosok yang mencerminkan sikap atau nilai-nilai rahmatan lil alamin. Dalam kesempatan itu, dia juga mendoakan agar Ma'ruf Amin sukses menjalankan amanah rakyat saat menjabat Wakil Presiden RI.

"Semoga Abah (Ma'ruf Amin) dapat melaksanakan amanah yang diberikan rakyat Indonesia," katanya.

Dalam Halal Bihalal tersebut, digelar pula acara penyerahan plakat silsilah keturunan Leluhur Sumedang dan penyematan pin simbol Trah Kerajaan Sumedang Larang kepada Ma'ruf Amin.

"Saya bersyukur, dalam rangka Halal Bihalal, saya mendapat pin, mendapat legitimasi, pengakuan, bahwa saya adalah Wargi Sumedang," ungkap Ma'ruf Amin.

"Saya generasi ke-14 dari Prabu Geusan Ulun," sambungnya.

Ma'ruf Amin berharap, Halal Bihalalal ini menjadi ajang silaturahmi yang mengandung makna menyambung tali persaudaraan. Dia juga mengingatkan bahwa Undang-Undang Dasar 1945 merupakan bentuk kesepakatan rakyat Indonesia, maka ulama menyebut negara ini adalah daarul mizaq atau negara kesepakatan.

"Tugas kita adalah memberi kebermanfaatan dan membangun kemaslahatan serta menghilangkan kerusakan-kerusakan, dan yang membahayakan," pesannya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2307 seconds (0.1#10.140)